17.7 C
New York
Friday, May 17, 2024

Peringatan Hardiknas di Labusel, Mendikbudristek: Pandemi Beri Kesempatan Mengakselerasi Perubahan

Labusel, MISTAR.ID

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selayan (Labusel) telah menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati H Ahmad Padli Tanjung SAg di halaman Kantor Bupati Labusel, Kamis (2/5/24) pagi.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim, dalam amanatnya yang dibacakan Wabup Ahmad Fadli Tanjung mengatakan, bahwa lima tahun terakhir merupakan waktu yang sangat berkesan dalam perjalanan Kemendikbudristek.

“Menjadi pemimpin dari gerakan Merdeka Belajar semakin menyadarkan kami tentang tantangan dan kesempatan yang kita miliki untuk memajukan pendidikan Indonesia,” katanya.

Baca juga: Pemkab Labusel Satu-satunya di Sumut Fasilitasi Peringatan Hari Buruh

Mendikbudristek juga menyampaikan bahwa mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar bukanlah hal yang mudah. Membuat perubahan memerlukan perjuangan dan rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan.

“Ketika langkah kita mulai serempak, kita dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan yakni pandemi,” lanjutnya.

Dampak yang ditimbulkan adalah mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup secara drastis. Namun, pandemi juga, lanjut Nadiem, memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan.

Dia melanjutkan, dengan wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia yang sedang kita bangun bersama dengan gerakan Merdeka Belajar.

Meskipun telah mencapai kemajuan, tugas belum selesai. Semua yang telah dijalankan Kemendikbudristek, lanjut Nadiem, harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan, sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan.

Baca juga: Polres Labusel Tangkap 6 dari 8 Pelaku Percobaan Perampasan Mobil Milik Warga Tebing Tinggi

Dalam akhir amanatnya, Mendikbudristek mengucapkan terima kasih atas perjuangan yang dilakukan oleh semua pihak, dan menitipkan Merdeka Belajar kepada para penggerak perubahan.

“Selamat Hari Pendidikan Nasional. Mari terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar,” tutup Wabup membacakan amanat Mendikbudristek.

Upacara tersebut dihadiri oleh Forkopimda, para asisten dan staf ahli bupati, pimpinan OPD, ASN dan tenaga kontrak, para pelajar, dan undangan lainnya. (Oel/hm22)

Related Articles

Latest Articles