19.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Resah atas Peredaran Narkoba, Edy Rahmayadi Bentuk Ribuan Relawan Bersinar

Medan, MISTAR.ID

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi membentuk 4.500 Relawan Bersih Narkoba (Bersinar) untuk memberantas peredaran gelap narkoba di Sumut. Pengukuhan tersebut digelar di Aula Raja Inal, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Rabu (23/8/23).

“Dari indikator kerawanan Narkoba tahun 2021, kita di posisi pertama dan sudah bertahun-tahun kita coba memberantas itu, dan belum ada hasil yang signifikan. Jadi setelah kita perhitungkan perlu keterlibatan masyarakat langsung yang memang mereka sangat dekat dengan pengedaran atau pemakainya,” ucapnya.

Menurut mantan Pangkostrad itu, saat ini mayoritas pengguna narkoba adalah anak-anak muda. Padahal, kata dia, anak-anak muda harusnya dikader untuk menjadi pemimpin kedepannya.

Baca juga: Rekor MURI Deklarasi Anti Narkoba dan Perundungan Dipecahkan Unesa

Bonus demografi yang dimiliki Indonesia saat ini, menurutnya bisa menjadi bencana demografi di tahun 2035.

“Anak-anak muda inilah yang paling banyak menggunakan narkoba, mereka-mereka ini harus kita jaga karena akan menjadi pemimpin di masa depan, bonus demografi kita bisa jadi bencana kalau ini terus terjadi,” ungkap Edy.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan dan Politik Pemprov Sumut, Ardan Noor mengatakan relawan akan bersinergi dengan BNN serta Polri untuk memberantas narkoba. Dengan begitu, pemberantasan narkoba di Sumut akan semakin masif.

Baca juga: Tes Urine di Dinas Perkim LH Batu Bara, Seorang Pegawai Positif Narkoba

“Kita juga bekali relawan dengan aplikasi SIAP Bersinar, aplikasi khusus terkait informasi-informasi mengenai penyalahgunaan narkoba. Jadi gerakan kita memberantas narkoba akan semakin masif,” harapnya. (jonatan/hm21).

Related Articles

Latest Articles