14.7 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Ratusan Massa ABABIL di Medan Tuntut Copot Menteri Agama Yaqut Cholil

Medan, MISTAR.ID

Ratusan massa yang tergabung dalam Aksi Barisan Bela Islam (ABABIL) melakukan aksi unjuk rasa  di depan Kantor DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol Nomor 1 Medan, Jumat (18/3/22) sore.

Massa aksi yang merupakan gabungan dari komunitas dan organisasi Islam tersebut, menuntut pencopotan Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qaumas.

“Kami dari ABABIL menuntut kepada wakil rakyat kita di DPRD Sumatera Utara untuk menyampaikan aspirasi kami yang telah melaporkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas pada minggu-minggu lalu,” ujar pimpinan aksi ABABIL, Dody P YS.

Dody mengatakan, pihaknya meminta DPRD Sumut untuk memanggil Kapolda Sumut agar menindaklanjuti laporan yang telah mereka buat.

Baca Juga:Pupuk Mahal, Puluhan Petani Asal Siantar-Simalungun Unjuk Rasa ke Kantor Gubernur

“Tetapi laporan kami terkesan berhenti dan belum dilakukan proses sama sekali. Kami meminta kepada wakil rakyat untuk memanggil Kapolda Sumatera Utara untuk segera memproses laporan itu,” ucapnya.

Dody mengatakan, pihaknya juga meminta Yaqut Cholil Qaumas untuk mengundurkan diri karena memberikan pernyataan yang kontroversial.

“Dan juga kami meminta kepada saudara Yaqut Cholil Qaumas yang telah memberikan bahasa-bahasa yang kurang baik tentang adzan tentang pengeras suara dibandingkan dengan gonggongan anjing, untuk segera mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Agama,” ungkapnya.

Massa aksi juga secara bergantian memberikan orasi di depan Gedung DPRD. Mereka juga membawa spanduk yang dijejerkan di tepi Jalan Imam Bonjol. Dody mengatakan, pihaknya akan terus menggelar aksi selama satu minggu penuh.

Baca Juga:Ratusan Buruh Unjuk Rasa di DPRD Sumut Tolak Permenaker No 2 Tahun 2022

“Kita telah meminta izin kepada Polda Sumatera Utara untuk melakukan aksi selama satu minggu penuh dari Jumat ke Jumat. Kita lihat pada hari ini, anggota dewan juga tidak ada yang keluar untuk menanggapi aksi. Kita akan terus melakukan aksi-aksi selanjutnya,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, massa aksi diterima oleh Kasubbag Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Sumut Muhammad Sofyan.

Sofyan mengatakan, seluruh anggota DPRD Sumut sedang tidak berada di kantor karena sedang mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) di luar kota.

“Tapi saya memastikan, seluruh tuntutan yang disampaikan oleh saudara-saudara sekalian akan saya sampaikan kepada komisi terkait. Dan jika saudara menginginkan bertemu dengan anggota DPRD, mungkin bisa hari Senin pekan depan,” tegasnya.(anita/hm10)

Related Articles

Latest Articles