24.5 C
New York
Friday, May 3, 2024

Forwakum Sumut Resmi Dikukuhkan

Medan, MISTAR.ID

Forum Wartawan Hukum Sumatera Utara (Forwakum Sumut) beserta susunan pengurusnya resmi dikukuhkan, pada kegiatan yang berlangsung di Hotel Grand Mercure, Jumat (18/3/22).

Ketua Forwakum Sumut Aris Rinaldi usai dikukuhkan, dalam sambutannya mengatakan, Forwakum Sumut merupakan sarana untuk bersosial, berdiskusi, berdialog, dan mewujudkan kreativitas berbakti terhadap bangsa, negara dan agama.

“Atas berbagai pertimbangan inilah, maka dibentuk wadah Forwakum Sumut untuk menghimpun wartawan. Telah disepakati dengan musyawarah untuk mufakat, lalu diresmikan berdasarkan kepentingan bersama,” sebutnya.

Dalam kepengurusan, Aris didampingi sekretaris Ansah Tarigan, serta bendahara Reza Daeng. Kajati Sumut Idianto diwakili Kasi Penkum Kejati Sumut Yos A Tarigan, menyampaikan selamat kepada Forwakum Sumut atas acara yang telah berlangsung.

Baca Juga:Doddy Zulverdi Dikukuhkan Jadi Kepala Perwakilan BI Sumut

“Saya cukup bangga dan senang  bagiamana keinginan teman-teman Forwakum Sumut semangat membentuk organisasi, di tengah-tengah kesibukan profesi dapat membangun organisasi. Semoga, Ketua Forwakum Sumut dapat mengayomi anggotanya,” tutur Yos mantan Kasi Pidum Kejari Deli Serdang.

Sementara, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Medan Teuku Rahmatsyah mengharapkan, Forwakum Sumut semakin sinergi dan menjalankan kontrol sosial.

“Saya lihat sejauh ini wartawan di Forwakum sudah profesional menaati kode etik dan Undang-Undang Pers. Semoga semakin sinergi, semakin kompak memberitakan yang edukasi, yang ada manfaatnya dan juga bisa menjadi sarana kontrol bagi penegak hukum,” ujar Kajari.

Baca Juga:222 Relawan Pajak Sumut 2022 Dikukuhkan

Dirinya juga menyebut, even-even yang telah berjalan juga ke depan bukan hanya Bansos. “Meski itu tetap, di bulan puasa nanti bergabung lagi kita melakukan kegiatan sosial,” kata Rahmatsyah yang gemar bermain sepak bola itu.

Begitu juga Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik melalui Wakil Ketua Bidang Advokasi Amrizal mengutarakan ucapan selamat, dan mengingatkan wartawan Forwakum Sumut untuk profesional dalam menjalan tugas jurnalistik.

“Kami berharap, dengan peresmian Forwakum ini bisa bersinergi dengan PWI Sumatera Utara. Kami sangat mendukung adanya Forwakum, diharapkan sehingga bisa bekerja sama agar terjalin dengan baik sosial kontrol dalam pemberitaan yang bagus untuk disebarkan ke masyarakat. Karena wartawan yang tidak profesional dapat menciptakan citra buruk di masyarakat,” tegas Amrizal.

Baca Juga:Dua Guru Besar Dikukuhkan, UMSU Diharap Jadi World Class University

Senada, Humas Pengadilan Negeri (PN) Medan Sony Adi menyampaikan rasa bangga atas semangat Forwakum Sumut menjalin kemitraan, dan sukses melaksanakan kegiatan peresmian pengukuhan.

“Pers mitra dalam masalah penegakan hukum, Bapak-bapak juga mitra dalam menyampaikan pemberitaan dengan kode etik. Sebagai insan profesi, dengan adanya wadah ini akan menambah langkah baik bagi profesi. Mudah-mudahan kita doakan peresmian ini memberi kepastian, semoga forum ini tidak hanya satu periode,” jelasnya. Sekadar diketahui, Forwakum Sumut dibentuk pada tanggal 8 Agustus 2021 lalu.(iskandar/hm10)

Related Articles

Latest Articles