16.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

PPKM Darurat, Solat Idul Adha Tetap Digelar di Masjid Raya Medan

Medan, MISTAR.ID

Meski Kota Medan di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Masjid Raya Al Mashun Medan yang berada di Jalan Sisingamangaraja No 61, Kecamatam Medan Kota tetap menggelar Salat Idul Adha 1442 Hijriah/2021 pada Selasa (20/7/2021).

Pengurus Masjid Raya Al Mashun Medan, M Hamdan menyebutkan Solat Idul Adha tetap digelar dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Khatib dalam pelaksanaan Solat Idul Adha yakni Syafrizal dan Imam salat ialah Zaini Hafiz.

“Jemaah yang datang akan diperiksa suhu tubuhnya, wajib membawa sajadah dan memakai masker. Untuk gerbang masuk, ada dua titik yang kita buat yakni gerbang utama untuk wanita dan gerbang sebelah timur untuk laki-laki. Kita juga memasang spanduk berisi imbauan agar jemaah jalankan prokes,” katanya Senin (19/7/2021).

Baca Juga:Pembatasan Aktivitas Selama Idul Adha 1442 H

Hamdan mengatakan tidak ada pembatasan jemaah yang ingin Salat Idul Adha. Jika ruangan dan halaman mesjid sudah penuh, maka pintu gerbang tidak akan dibuka lagi.

“Dengan adanya jaga jarak saat salat, tentu membuat pembatasan jemaah itu sendiri. Sebatas ruangan masjid dan halaman penuh, tak mungkin kita buka lagi,” tuturnya.

Pemotongan hewan kurban di halaman masjid, tambahnya, tetap dilaksanakan. Hanya saja pembagian daging kurban akan diantar langsung ke rumah warga.

“Pembagian nanti bekerjasama dengan beberapa orang. Jadi ada yang akan membagi ke rumah warga. Jadi tidak lagi dibagikan di masjid. Tahun ini ada 2 ekor lembu dari pihak masjid dan dari Gubernur Sumut, serta 9 ekor kambing yang akan disembelih,” paparnya.

Baca Juga:H-1 Idul Adha Pedagang di Medan Mengeluh Pembeli Sepi

Diketahui, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dilaksanakan di Kota Medan mulai 12 Juli-20 Juli 2021. Dan rencananya akan diperpanjang sampai 2 Agustus 2021. Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution telah mengimbau masyarakat agar tidak melaksanakan Salat Idul Adha berjemaah di masjid ataupun di lapangan.

“Saya mengimbau agar masyarakat tidak melakukan salat berjamaah di masjid ataupun di lapangan saat Idul Adha melainkan salat di rumah masing-masing,” kata Bobby, Senin (12/7/2021). (anita/hm01)

 

Related Articles

Latest Articles