19.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Polisi di Medan Pasang Spanduk Tolak Terorisme dan Radikalisme

Medan, MISTAR.ID

Bid Humas Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) memasang spanduk di sejumlah lokasi di Kota Medan dan sekitarnya, pada Rabu (3/1/23). Spanduk tersebut berisikan imbauan penolakan terhadap terorisme radikalisme dan intoleran.

Salah satu spanduk dipasang pada billboard yang berada di Jalan Wakaf, Kecamatan Patumbak dan seputaran Jalan Simpang Kayu Besar menuju Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengatakan pemasangan spanduk tersebut berupa upaya pencegahan dan penanggulangan terhadap bahaya terorisme, radikalisme dan intoleransi yang dinilai semakin aktif, serta masif.

Kata Hadi, upaya sosialisasi dimulai pada tanggal 8 Desember 2023 lalu, dengan mengisi seminar di Pesantren Al Mukhlisin di Desa Bangun Sari Kecamatan Tanjung Morawa. Pencegahan serupa juga dilakukan oleh berbagai jajaran Polda Sumut.

Baca juga: Tangkal Radikalisme dan Terorisme, Kejari Medan Temui Masyarakat

“Sementara Bid Humas Polda Sumut melanjutkan misi dengan memasang spanduk dan billboard di seputaran kecamatan Tanjung Morawa,” kata Hadi, Kamis (4/1/24).

Tujuan utama dari inisiatif ini sambung Hadi, untuk membentuk masyarakat dan generasi muda agar terinformasi dengan baik dan kebal terhadap pengaruh intoleransi, radikalisme, dan terorisme.

“Menyoroti faktor-faktor yang berkontribusi pada kerentanan individu terhadap ideologi-ideologi tersebut,” bebernya.

Termasuk pemahaman agama yang tidak sempurna, kemiskinan, ketidaksetaraan sosial, putus asa, sentimen anti-demokratis, akses terbatas terhadap pendidikan, dan empati berlebihan yang dipicu oleh tren media sosial domestik. (Matius/hm20)

Related Articles

Latest Articles