24.8 C
New York
Wednesday, May 22, 2024

Pj Ketua PKK Sumut Ajak Masyarakat Sadar Deteksi Dini Kanker

Medan, MISTAR.ID

Pj Ketua Tim Penggerak PKK Sumut, Dessy Hassanudin, mengajak masyarakat Sumater Utara untuk sadar dan melakukan deteksi dini kanker, terutama kanker payudara.

“Dengan deteksi dini, kita bisa mencegah dampak buruk kanker, terutama kanker payudara. Penting bagi masyarakat, terutama perempuan, untuk memiliki pengetahuan tentang deteksi dini,” kata Dessy Hassanudin dalam Seminar Ilmiah Kanker Payudara di RSU Haji Medan, Selasa (19/12/23).

Baca Juga: Kasus Kanker Payudara Meningkat, Pendekatan Medis Pertahankan Kesehatan dan Kecantikan

Sebagai informasi, saat ini penderita kanker di Sumut ada sebanyak 3.206 orang. Kanker payudara merupakan yang terbanyak, dengan jumlah 393 orang. Disusul leukimia 313 orang, kanker paru 293 orang, kanker kelenjar getah bening 238 orang dan lainnya.

Direktur RSU Haji Medan, Rehulina Ginting, menambahkan, khususnya kanker payudara, memiliki dampak signifikan terhadap kesehatan. Ia juga mengingatkan, kanker payudara bukan hanya dialami oleh perempuan, tetapi juga laki-laki.

Baca Juga: Berhubungan Seks di Usia Dini Rentan Terkena Kanker

“Saat ini, penyakit kanker payudara tidak pandang gender. Pola makan dan gaya hidup dapat berpengaruh besar. Deteksi dini menjadi kunci untuk penanganan yang lebih cepat,” pungkas Rehulina. (Hutajulu/hm22)

Related Articles

Latest Articles