22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Kabupaten Peduli HAM, Langkat Dapat Nilai Tertinggi di Sumut

Langkat, MISTAR.ID

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat mendapat penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM 2023 dengan nilai tertinggi atau 96 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Senin (18/12/23).

Penghargaan itu diperoleh dalam acara Peringatan HAM se-Dunia ke 75 dan Penyerahan  di Aula Soepomo L.5 Kantor Kemenkumham Sumut, yang dihadiri 13 kepala daerah dan kepala bagian hukum.

Penghargaan itu sesuai dengan Keputusan Menteri Hukum dan Ham Nomor M.HH-03.HA.02.01.01 Tahun 2023 tentang Penetapan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia Tahun 2022.

Pj Gubernur Sumut diwakilkan Staff Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Ir. Muhammad Armand Effendy Pohan, menyatakan setiap masyarakat berhak mendapatkan HAM. Namun dalam penerapan selalu ada kelebihan dan kekurangan, karena itu sangat perlu pemantauan dan evaluasi situasi yang berkesinambungan.

Baca juga: Pemkab Labusel Terima Penghargaan Peduli HAM

Pemberian penghargaan kabupaten/kota Peduli HAM bertujuan untuk memberikan motivasi untuk melaksanakan penghormatan dan perlindungan Ham, mengukur hasil kerja dalam mewujudkan penghormatan perlindungan HAM

“Ini bukan hal mudah karena ada 10 kriteria untuk mendapatkannya. Kepada Kabupaten/kota yang belum mencapai target tidak perlu ditakutkan,  jadikan ini pemicu sehingga dapat diperbaiki untuk kedepannya,” ucapnya.

Ia pun meminta agar penghargaan ini dipertahankan agar kedepannya perlindungan dan penghormatan terhadap HAM tetap terjaga.

Sementara Kepala Kantor Wilayah Mhd. Jahari Sitepu, menekankan bahwa untuk mendapatkan penghargaan ini bukan hal yang mudah. Untuk itu, daerah yang dinobatkan harus dapat konsisten dalam penegakan HAM di daerah masing-masing.

Penghargaan ini sendiri langsung diterima Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat H. Amril Nasution, dan Kabag Hukum Kabupaten Langkat Alimat Tarigan. (Endang/hm17)

Related Articles

Latest Articles