13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

Pj Bupati Promosikan Budaya dan Wisata Batu Bara ke Kancah Internasional

Batu Bara, MISTAR.ID

Warisan budaya, sejarah dan potensi wisata Kabupaten Batu Bara yang sangat menarik dan eksotik dipromosikan Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara Nizhamul ke kancah internasional.

Upaya tersebut disampaikan Kadis Kominfo Kabupaten Batu Bara Edwin R. Sitorus melalui website Diskominfo Batu Bara, Kamis (28/3/24).

Edwin mengatakan upaya tersebut disampaikan Pj. Bupati Nizhamul ketika menghadiri acara forum diplomatik dengan tema “Diplomasi Budaya Perekat Bangsa-Bangsa Radio Republik Indonesia (RRI)” yang menghadirkan para konsulat luar negeri di Ballroom Grand Inna, Medan, Rabu (27/3/24) malam.

Baca juga: Wariskan Budaya Batak, SMAN I Uluan, Kabupaten Toba Lakukan Tradisi Boras Si Pir Ni Tondi

Pada kegiatan tersebut, Pj. Bupati Nizhamul menjelaskan dalam upaya melestarikan budaya di Kabupaten Batu Bara sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang objek pemajuan kebudayaan dan Perda Nomor 9 Tahun 2014.

Prioritas pembangunan daya tarik wisata budaya meliputi pada kesenian tradisional. Seperti tarian daerah, pementasan budaya, peragaan busana dan wastra khas Batu Bara. Sementara prioritas pembangunan wisata peninggalan sejarah dan cagar budaya seperti Kubah Datuk Batu Bara, Istana Niat Lima Laras dan lainnya.

Pj. Bupati Nizhamul mengatakan Pemkab Batu Bara telah mendaftarkan hak paten terhadap setiap kebudayaan daerah sebagai warisan budaya asli daerah.

“Upaya untuk mempromosikan Pemkab Batu Bara terus mengikuti event-event dari skala daerah, nasional hingga internasional,” ujar Pj. Bupati Nizhamul.

Baca juga: Ahli Waris Setujui Istana Niat Lima Laras Jadi Cagar Budaya

Namun dalam memperkenalkan budaya dan potensi wisata Kabupaten Batu Bara ke mata dunia tidak lepas dari tantangan.

“Kurangnya dukungan pemerintah dalam hal pelestarian kebudayaan terutama di bidang anggaran dan kurangnya sinergi stakeholder  pendukung yang bergerak dalam hal budaya dan pariwisata,” pungkas Pj. Nizhamul.

Diketahui bahwa Kabupaten Batu Bara memiliki banyak sekali warisan budaya dan potensi wisata. Seperti warisan tenun songket, warisan kuliner, Istana Niat Lima Laras, Kubah Batu Bara, Pantai Sejarah, Pulau Pandang, Danau Laut Tador yang telah diusulkan menjadi bumi perkemahan kedua di Sumatera Utara dan masih banyak lainnya. (ebson/hm17)

Related Articles

Latest Articles