28.9 C
New York
Friday, June 28, 2024

Permudah Silaturahmi, Jemaah Haji Asal Sumut Ditempatkan di Syisyah Makkah

Medan, MISTAR.ID

Seluruh jemaah haji asal Sumatera Utara (Sumut) akan ditempatkan di Syisyah Kota Makkah. Penempatan tersebut untuk mempermudah jemaah asal provinsi masing-masing untuk saling bersilaturahmi dan bersatu menunaikan ibadah suci.

Hal ini dikatakan Kakanwil Kemenag Sumut H. Ahmad Qosbi, S.Ag dimana penempatan ini sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 214 Tahun 2024 tentang Penempatan Akomodasi Jemaah Haji Indonesia di Makkah dan Madinah tahun 1445 H/2024 M.

“Seluruh jemaah asal Sumut ditempatkan dalam satu wilayah namanya Syisyah namun hanya beda hotel. Ini merupakan salah satu langkah pemerintah agar jemaah asal Sumut dapat bersilaturahmi selama melaksanakan ibadah di Makkah,” ucapnya saat melepaskan keberangkatan jemaah calon haji Kelompok Terbang (Kloter) 2 asal Kota Medan di Asrama Haji Medan, Selasa (14/5/2024).

Baca juga: Tahun Ini Bandara Kualanamu Layani 8.745 Penumpang Calon Jemaah Haji

Qosbi juga berpesan pada seluruh jemaah yang tergabung dalam kloter 2, agar menjaga kesehatan, persatuan, kekompakan dan saling membantu sesama jemaah yang membutuhkan pertolongan.

“Kita harus kompak, bersatu dan saling tolong menolong, jangan ada yang membedakan jemaah satu dengan lainnya karena beda KBIH. Kepada para petugas kloter juga diminta agar melaksanakan amanah tugas dengan sebaik baiknya,” terangnya.

“Mari kita layani tamu-tamu Allah ini dengan tulus ikhlas dan amanah, insya Allah jika kita melayaninya dengan tulus ikhlas, Allah akan memberi ganjaran pahala pada kita sebagai petugas,” tambah Qosbi lagi.

Adapun untuk kloter 2 ini tercatat ada sebanyak 359 jemaah calon haji yang berangkat dengan rincian jemaah laki-laki sebanyak 359 orang  dan jemaah perempuan 205 orang. Tercatat pula jemaah risiko tinggi (risti) sebanyak 243 orang dan. Jamaah yang menggunakan alat bantu berupa kursi roda ada 5 orang.

Pada kloter 2 ini seharusnya berjumlah 360 orang tetapi karena ada satu orang yang batal berangkat sehingga JCH Kota Medan pada kloter 2 berjumlah 359 orang. (anita/hm17)

Related Articles

Latest Articles