26 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Pengamat Pemilu Imbau KPU Percepat Pembagian C6

Medan, MISTAR.ID

Pengamat Pemilu, Pangihutan Sirumapea mengimbau KPU Medan dan seluruh jajaran, khususnya KPPS, untuk mempercepat pembagian C6 surat undangan kepada pemilih. Hal ini ia sampaikan sebagai antisipasi libur panjang yang mungkin dimanfaatkan para pemilih untuk bepergian, mengurangi partisipasi pemilih pada saat pencoblosan 14 Februari mendatang.

Sirumapea menyoroti dua alasan utama dalam imbauannya. Pertama, memitigasi dampak libur panjang terhadap partisipasi pemilih.

“Dikhawatirkan, jika C6 tidak segera dibagikan, pemilih akan lebih memilih untuk berlibur keluar kota daripada datang ke TPS,” ungkapnya, Jumat (2/2/24).

Alasan kedua, menyoroti lokasi TPS yang jauh dari tempat tinggal pemilih, bahkan dalam satu kelurahan. Sirumapea mencontohkan kasus pemilih yang tinggal di Perumnas Helvetia tetapi harus memilih di Jalan Perkutut, yang jaraknya lumayan jauh.

Baca juga: KPU dan Polres Tebing Tinggi Simulasi Pengamanan TPS

“Lokasi TPS yang jauh dapat mempengaruhi keinginan pemilih untuk datang ke TPS,” imbuhnya.

Eks Komisioner KPU Kota Medan ini menegaskan, pentingnya memberikan informasi C6 dengan cepat dan pasti kepada pemilih. Hal ini diharapkan dapat menghindari kekecewaan dan meningkatkan partisipasi pemilih.

Ia berharap agar KPU Medan dapat memastikan petugas KPPS memberikan C6 tepat waktu kepada pemilih, terutama yang rumahnya jauh dari TPS.

Sirumapea juga mengimbau para calon legislatif agar gencar mensosialisasikan kepada pendukungnya untuk datang pada saat hari pencoblosan 14 Februari. Dia menyatakan keyakinannya bahwa jajaran KPU, KPPS, Bawaslu, dan petugas Pengawas TPS telah berkomitmen untuk menyukseskan Pemilu 2024.

Baca juga: Pemilu 2024, Wali Kota Siantar Direncanakan Memilih di TPS Dekat Rumdis

“Saya berharap, para pemilih menggunakan hak pilihnya dengan datang ke TPS untuk menyoblos,” pungkasnya. (Hutajulu/hm20)

Related Articles

Latest Articles