11.1 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Pemprov Sumut Ingatkan untuk Meningkatkan Koordinasi dan Pengawasan Subsidi LPG 3 Kg

Medan, MISTAR.ID

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan mendukung sosialisasi penerapan Subsidi LPG 3 kg tepat sasaran melalui inovasi pencatatan digital yang tengah dilakukan oleh PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut kepada 33 Kabupaten/Kota yang terletak di wilayah Provinsi Sumut.

Kepala Biro Perekonomian Provinsi Sumatera Utara, Naslindo Sirait, menyatakan bahwa mereka akan mendukung sosialisasi dan pelaksanaan ini untuk memastikan bahwa subsidi LPG 3 kg ini dapat diakses oleh masyarakat yang berhak.

“Kami juga meminta agar sosialisasi dan koordinasi yang dilakukan dapat meningkatkan kolaborasi antar pihak dalam hal menjaga dan mengawasi subsidi tepat sasaran nantinya,” katanya, Minggu (30/7/23).

Baca juga : LPG 3 Kg Bersubsidi Langka, Pengamat Ekonomi Duga Ada Permainan Mafia

Saat ini, untuk diketahui, pihak Pertamina tengah melakukan pencocokan atau pendataan data di pangkalan. Jadi, saat itu terjadi, pembelian LPG 3 kg ini sudah tepat sasaran.

Menurut Susanto August Satria, Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, “Dalam progres ini, nantinya pembelian gas pemerintah harus menggunakan KTP yang bertujuan mencocokan data. Apakah sudah terdaftar dalam warga miskin yang tercatat oleh pemerintah.”

Selain itu, Gunawan Benjamin, seorang pengamat ekonomi, berpendapat bahwa karena digitalisasi dilakukan, skema penyaluran yang lebih transparan diperlukan.

Baca juga : Kelangkaan LPG 3 Kg, KPPU: Kemungkinan Ada Praktek Persaingan Tidak Sehat

Oleh karena itu, jika uji coba telah selesai, akan lebih baik jika terus diperluas. Dia menyimpulkan, “Karena ada perbedaan harga antara subsidi dan non subsidi, masyarakat jelas akan memilih yang subsidi. Untuk itu, masyarakat harus mulai memilih resep masakan yang lebih hemat LPG untuk menjaga ketersediaan LPG rumah tangga tetap stabil.” (Anita/hm19)

Related Articles

Latest Articles