21.4 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Pemprov Sumut Beri Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ke 41.570 Pekerja Rentan

Selain itu, Pj Gubernur mengingatkan pentingnya identifikasi dan pengendalian potensi bahaya di tempat kerja melalui pengembangan teknologi dan penerapan sistem manajemen K3 yang terintegrasi. Ia juga menekankan perlunya jaminan sosial tenaga kerja melalui BPJS Ketenagakerjaan untuk memastikan pekerja mendapatkan haknya jika terjadi kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja.

Hassanudin menyampaikan, K3 merupakan hal mendasar dan krusial dalam aktivitas kerja.  Data BPJS Ketenagakerjaan menunjukkan, pada 2023, terdapat 20.121 kasus kecelakaan kerja di Sumatera Utara. Karena itu, perlunya upaya terencana, terukur, terstruktur, dan terintegrasi dalam mencegah dan mengurangi kecelakaan kerja serta penyakit akibat kerja.

Direktur Bina Kelembagaan K3 Kemnaker Hery Susanto menekankan, perayaan K3 bukan hanya momen seremonial, melainkan juga merupakan wadah dalam upaya pembangunan ekosistem tenaga kerja. Susanto berharap pelaksanaan K3 menjadi prioritas dan perhatian semua pihak untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat.

Pada acara tersebut, Pj Gubernur Sumut dan Direktur Bina Kelembagaan K3 Kemnaker memberikan penghargaan K3 kepada sejumlah perusahaan yang telah menerapkan praktik K3 terbaik. Selain itu, mereka juga memberikan asuransi kepada sejumlah ahli waris sebagai bentuk perlindungan bagi tenaga kerja.

Baca juga: Menko PMK Serahkan Santunan Kepada Ahli Waris Peserta BPJS Ketenagakerjaan di Belawan

Sebelumnya Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara M. Ismael Parenus Sinaga menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan Perayaan K3, serta memaparkan rencana aksi Dinas Ketenagakerjaan Provsu setelah dirinya dilantik menjadi Kepala Dinas ketenagakerjaan yang baru.

Di lain kesempatan, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Padangsidimpuan, Eris Aprianto menyampaikan apresiasi kepada Pj. Gubsu karena telah mendukung program ini. Ia berharap, program ini terus berjalan sampai ke tingkat wilayah kabupaten/kota yang ada di Sumut.

“Kami senantiasa menjalankan koordinasi kepada setiap pejabat daerah untuk dapat memberikan perhatian khusus kepada pekerja rentan, bahkan baru-baru ini kami juga menjalankan sosialisasi terkait program dan bentuk perlindungan K3 juga kepada PT Maju Indoraya yang berlokasi di daerah Muara Batang Toru. Harapannya kegiatan preventif ini dapat mengedukasi kepada pekerja untuk bisa bekerja dengan prinsip kehati-hatian,” tutup Eris. (ril/hm20)

Related Articles

Latest Articles