17.2 C
New York
Sunday, September 29, 2024

ODP Sumut Terus Bertambah

Medan, MISTAR.ID

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara mengumumkan perkembangan terbaru kasus virus corona di provinsi ini. Hingga Kamis (26/3/20), jumlah warga menunjukkan lonjakan signifikan pada kategori orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19.

“Hingga hari ini (Kamis-red), sebanyak 3.080 orang dalam pemantauan (ODP). Data ini meningkat 35,8 persen yang sebelumnya 1.976 orang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara, dr Aris Yudhariansyah, Kamis (26/3/20) sore.

Kenaikan juga terjadi pada pasien dalam pengawasan (PDP). Kenaikan mencapai 2,5 persen dari angka sebelumnya berjumlah 55, kini sudah 71 orang yang tersebar di 5 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara.
Untuk pasien positif Covid-19, jumlahnya tidak berbeda dari hari sebelumnya yakni 9 orang.

Begitu juga dengan negatif Covid-19 berjumlah 6 orang dan pasien sembuh berjumlah 3 orang. “Tiga orang yang sembuh sudah dipulangkan, sedangkan yang 6 negatif Covid-19 masih dirawat,” ujarnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat Sumatera Utara untuk tetap menjaga jarak fisik atau physical distancing.
“Yang artinya tidak hanya kita menjaga untuk tidak berada di luar rumah, tapi di dalam rumah tetap harus kita laksanakan. Kami harapkan masyarakat bisa memahami betul terhadap penyakit ini. Sehingga kemudian tidak perlu ada kepanikan,” ujarnya.

Aris Yudhariansyah juga mengaku sedang berkonsultasi dengan pihak hukum untuk mengumumkan identitas orang dalam pemantauan (ODP) guna memaksimalkan penekanan penularan virus korona.

“Dengan diumumkan para ODP bisa menjalani karantina dirinya sendiri secara sukarela dan orang sekitarnya juga bisa lebih hati-hati,” ujar Juru Bicara yang juga Wakil Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Sumut,” kata Aris.

Sebelumnya Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menegaskan, Pemprov Sumut sedang mempersiapkan untuk memperbanyak ruang isolasi guna kepentingan penanganan pasien Covid-19.

Beberapa rumah sakit dan gedung seperti Wisma Atlet dipersiapkan menjadi pusat rujukan bagi penderita yang dikirimkan rumah sakit kabupaten/kota se Sumut.

Penulis:Daniel
Editor:Luhut Simanjuntak

Related Articles

Latest Articles