8 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Lima Puskesmas di Medan Sebagai Pusat Pelayanan Rabies

Medan, MISTAR.ID

Menyikapi kasus rabies yang terjadi di wilayah Sumatera Utara (Sumut), Dinas Kesehatan Kota Medan (Dinkes Medan) telah menyiagakan sejumlah puskesmas di Kota Medan sebagai pusat pelayanan rabies atau sebagai Puskesmas Rabies Center.

Dikatakan Kepala Tim P3M Dinkes Medan, Edy Yusuf, kelima puskesmas ini yakni Puskesmas Bestari yang berada di Jalan Rotan No 1 Petisah Tengah. Puskesmas Medan Johor berada di Jalan Karya Jaya No 5. Puskesmas Helvetia berada di Jalan Kemuning No 1. Puskesmas Sunggal berada di Jalan TB Simatupang No 251 dan Puskesmas Tuntungan di Jalan Bunga Melati No 2.

“Kelima Puskesmas ini berfungsi sebagai pusat informasi tentang pengendalian/pencegahan rabies. Di Puskesmas ini juga mempunyai tenaga kesehatan yang memahami tatalaksana kasus Gigitan Hewan Penular Rabies (GHPR) sesuai SOP. Tersedia juga stok minimal 1 kuur Vanksin Anti Rabies (VAR). Memiliki fasilitas Cold Chain untuk penyimpanan Vaksin,” katanya, Jumat (4/8/23).

Baca juga: 243 Hewan Peliharaan di Kecamatan Medan Selayang Disuntik Virus Rabies

Ditambahkan Edy lagi, Puskesmas tersebut juga memiliki lokasi strategis dan mudah dijangkau dan menerima rujukan dari faskes sekitarnya.

“Puskesmas yang menjadi Puskemas Rabies Center juga mendapatkan dropping VAR dari Dinas Kesehatan Medan sebanyak 20 vial. Nakes kita juga sudah melakukan layanan rabies baik observasi maupun penyuntikan vaksin. Kami juga rutin mengambil vaksin dari Dinas Kesehatan Provinsi untuk mendistribusikan ke Rabies Center ini,” pungkasnya.

Sementara itu, untuk kasus GHPR di Kota Medan dan Pemberian VAR dari tahun 2018 hingga 2022 ada sebanyak 1.567 kasus GHPR dan jumlah kasus yang mendapat VAR tercatat 941. Sedangkan jumlah meninggal karena kasus rabies 1 dan tercatat di tahun 2019. (Anita/hm20)

Related Articles

Latest Articles