27.3 C
New York
Monday, April 29, 2024

Kurangi Angka Pengangguran, Pemko Medan Gelar Job Fair 2022

Medan, MISTAR.ID

Guna mengurangi angka pengangguran, Pemko Medan melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Medan menggelar Job Fair Kota Medan Tahun 2022 di Tiara Convention Center Medan, Rabu (12/10/22).

Sebanyak 84 Perusahaan dengan 1.274 lowongan pun dimanfaatkan para pencari kerja di Kota Medan untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang dan kemampuannya masing-masing.

Adapun Job Fair digelar dengan dua metode, yakni secara online dan offline. Kegiatan ini dibuka oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Wakil Wali Kota Aulia Rachman.

Baca juga:SMKN 2 Siantar Tekan Pengangguran Melalui BKK di Dunia Industri

“Job Fair ini diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran yang juga akan berdampak dengan berkurangnya kriminalitas dan kejahatan narkoba,” harap Aulia.

Dikatakan Aulia, saat ini dirinya bersama Wali Kota tengah membuat sebuah formula khusus untuk mendata seluruh masyarakat, baik dari pekerjaan orang tua hingga pendidikan anak-anaknya. Hal ini guna mengatasi angka pengangguran.

“Sebagai kepala daerah tentunya kami harus memikirkan inovasi dan langkah konkrit apa yang harus diambil untuk menyelamatkan para pencari kerja. Terkhusus bagi anak baru tamat SMA yang berpikir mencari kerja karena kurang mampu melanjutkan pendidikan selanjutnya. Apalagi tingginya tingkat kriminalitas dan penyalahgunaan narkoba ini banyak yang berasal dari kelas ekonomi ke bawah,” kata Aulia.

Dijelaskan Aulia, setelah pendataan dilakukan, Pemko Medan akan memberikan pelatihan, pendampingan dan masuk ke dalam bidang yang mereka inginkan dengan tidak mengeluarkan uang satu rupiah pun.

“Kegitan ini semua gratis tanpa dipungut biaya apapun,” tutupnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan Ilyan Chandra Simbolon dalam laporannya menyampaikan, Job Fair ini digelar secara online dan offline.

Di mana untuk offline digelar hanya satu hari saja, sedangkan via online dilaksanakan mulai 13-15 Oktober 2022.

“Job fair ini digelar hanya untuk para pencari kerja yang memiliki KTP Kota Medan dan telah memiliki kartu pencari kerja,” jelasnya.

Baca juga:489 Ribu Orang Jadi Pengangguran di Sumut karena Covid-19

Turut Hadir dalam Pembukaan Job Fair Kepala Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kementerian Tenaga Kerja RI Andri Susila ST MSi, Plt Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan Ilyan Chandra Simbolon, para perusahaan peserta Job Fair, para pencari kerja dan para perusahaan bursa kerja. (rahmad/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles