12.8 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Kunker ke Sumu,t Pangdam I/BB Dampingi Presiden Jokowi

Medan, MISTAR.ID

Panglima Kodam I Bukit Barisan Mayjen TNI Mochamad Hasan mendampingi Presiden RI, Joko Widodo bersama Ibu Negara, Iriana Joko Widodo dalam sejumlah kegiatan di Kabupaten Batubara dan Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, Rabu (7/2/2024) semalam.

Adapun rangkaian kegiatan Presiden Jokowi yakni meresmikan jalan tol ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi Tebing Tinggi-Indrapura, dan jalan tol ruas Indrapura-Kisaran seksi Indrapura-Limapuluh di Gerbang Tol (GT) Limapuluh, Kabupaten Batubara.

Sehabis meresmikan Jalan tol Presiden melanjutkan acara ke Lapangan Lima Puluh, Kabupaten Batubara untuk bersilaturahmi dengan nasabah program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) binaan Permodalan Nasional Madani (PNM).

Baca juga: Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Jokowi Resmikan 2 Ruas Tol di Batu Bara

Dalam kesempatan tersebut, Presiden turut mengapresiasi nasabah PNM Mekaar yang telah disiplin membayar tepat waktu sehingga kredit macet di PNM Mekaar hanya 0,5 persen.

Selain itu, jumlah nasabah PNM Mekaar juga terus mengalami peningkatan dari 400 ribu nasabah pada tahun 2015 menjadi 15,2 juta nasabah saat ini.

“Artinya program ini sangat diperlukan oleh masyarakat dalam rangka meningkatkan ekonomi keluarga, meningkatkan kesejahteraan keluarga, dan membentuk karakter yang baik,” tutur Presiden.

Dari Lapangan Lima Puluh, Presiden bersama rombongan menuju RSUD dr Kumpulan Pane di Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Tebing Tinggi Kota, Kota Tebing Tinggi.

Di sini, Presiden hadir untuk melihat kondisi rumah sakit milik Pemko Tebingtinggi itu, termasuk sarana prasarana fasilitas kesehatan yang dimiliki. Presiden juga menyempatkan meninjau ruang poli rawat jalan, ruang radiologi dan laboratorium, loket pendaftaran serta ruang ICU.

Kegiatan Presiden berakhir di GOR Asber Hasibuan Tebing Tinggi untuk bersilaturahmi dengan peserta JKN-KIS dari daerah Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai dan Kota Tebing Tinggi.

Baca juga: Presiden Jokowi Acungi Jempol Produk UMKM Sumut

Di hadapan puluhan ribu peserta JKN-KIS, Presiden menerangkan manfaat program ini bagi kesehatan masyarakat Indonesia. Kata Jokowi, sampai saat ini peserta JKN-KIS di seluruh Indonesia mencapai 267 juta lebih, yang bila berobat tidak akan dipungut biaya sedikitpun. Anggaran untuk JKN-KIS ini yang ditampung dalam APBN sebesar Rp46 triliun. Ini dilakukan agar kesehatan masyarakat lebih terjamin.

“Kita semuanya pingin sehat. Kalau sehat, tolong dilihat apa dulu sakitnya. Kalau batuk-batuk, jangan langsung ke rumah sakit. Tadi saya lihat di RSUD dr Kumpulan Pane Tebing Tinggi, penuh sekali. Karena cuma ada 206 tempat tidur. Makanya saya minta ke Pj Gubsu dan Pj Wali Kota Tebingtinggi agar mengajukan anggaran untuk pembangunan agar rumah sakit tersebut lebih baik,” ungkap Presiden.

Selain itu, Presiden juga menjanjikan akan menambah alat-alat kesehatan di RSUD dr Kumpulan Pane. Semisal peralatan jantung, sehingga pasien yang menjadi peserta JKN-KIS tidak harus berobat ke Medan apalagi ke Jakarta.

“Gak usah ke Jakarta, atau ke Medan. Cukup ke Tebing Tinggi, nanti sudah ada fasilitas untuk operasi jantung di sini. Tapi saya minta, jangan jantung semua ya. Harus ada peralatan lainnya. Yang penting, kita ingin sehat semuanya,” harap Presiden.

Diberikan sebelumya, dalam kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke wilayah Sumatera Utara kali ini. Kodam I Bukit Barisan terjunkan sebanyak 3.600 personil gabungan yang terdiri dari TNI-Polri dan Satpol PP.

Kepala Penerangan Kodam I Bukit Barisan Kolonel Rico Siagian mengatakan berbagai persiapan sudah dilakukan pihaknya. Mulai dari persiapan personil hingga pengecekan jalur yang akan dilalui nantinya. (Matius/hm17)

Related Articles

Latest Articles