9.8 C
New York
Friday, May 10, 2024

Presiden Jokowi Acungi Jempol Produk UMKM Sumut

Batubara, MISTAR.ID

Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari Sumatera Utara (Sumut) mendapat apresiasi tinggi dari Presiden RI Joko Widodo, yang memuji kemasan produk tersebut sebagai contoh yang patut dijadikan inspirasi. Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin, terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas UMKM di daerah tersebut.

Presiden Joko Widodo menyampaikan pujian tersebut saat bertemu dengan ribuan peserta program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekar) binaan Permodalan Nasional Madani (PNM) di Lapangan Lima Puluh, Kabupaten Batubara, Rabu (7/2/24).

“Saya senang produk-produk yang ada di Sumut, packaging kemasannya sudah bagus-bagus. Sumatera Utara, saya acungi jempol untuk urusan kemasan,” ucap Joko Widodo, sembari menunjukkan beberapa produk seperti keripik tempe, keripik jahe, dan susu kambing.

Presiden menekankan bahwa kemasan yang baik akan mempermudah pemasaran produk, asalkan harganya tetap bersaing. Dalam sharing pengalaman, Jokowi memberikan motivasi dengan menceritakan perjalanan berwirausaha sejak 1988.

Baca juga: Pj Gubernur Sumut Apresiasi Inisiatif UMKM Manfaatkan Teknologi

“Saat itu saya hanya berjualan di Kota Solo. Di tahun kedua, saya sudah bisa berjualan ke Jakarta. Dan tahun ketiga, sudah bisa ekspor. Kalau teman-teman saya kerjanya dari jam 06.00 sampai jam 16.00 WIB, saya dari subuh sampai malam. Itu namanya kerja keras,” ungkap Joko Widodo.

Di samping kerja keras, Jokowi menyoroti pentingnya disiplin dalam menjalankan usaha sebagai landasan karakter entrepreneurship. Dalam interaksi dengan peserta UMKM, Presiden bertanya tentang usaha apa yang mereka jalankan dan memberikan dorongan agar terus berkembang.

Sedangkan Pj Gubernur Sumut, Hassanudin, menyambut baik pujian dari Presiden dan menekankan bahwa Pemprov Sumut terus berupaya meningkatkan kualitas UMKM. Dinas Koperasi dan UMKM Sumut telah menyusun strategi, termasuk pelatihan tentang pembuatan kemasan yang menarik.

“Atas nama Pemprov Sumut, kami mengucapkan terima kasih atas pujian dari Bapak Presiden RI terhadap produk UKM Sumut. Pemprov Sumut terus berupaya melakukan yang terbaik untuk pelaku UKM,” kata Hassanudin. (Hutajulu/hm20)

Related Articles

Latest Articles