10.1 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Pasca Lebaran, Pasien Melonjak ke RSUD dr Pirngadi Medan

Medan, MISTAR.ID

Pasca lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 masehi, pasien melonjak berkunjung ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan.

Kasubag Hukum dan Humas RSUD Dr Pirngadi Medan, Gibson Girsang menyebutkan lonjakan pasien ini terhitung dari tanggal 16 sampai 25 April. Setiap hari tercatat ada 409 pasien berkunjung ke rumah sakit milik Pemko Medan tersebut.

“Dari 409 pasien itu, tercatat 314 orang merupakan pasien rawat jalan dan sisanya 95 orang rawat inap,” jelasnya, Minggu (28/4/24).

Baca juga : Bersaing dengan RS Swasta, RSUD Pirngadi Medan Harus Tonjolkan Layanan Unggulan

Lonjakan pasien ini rata-rata mengalami Demam Typoid, Gastroenteritis dan Dispepsia. Dimana hal penyebab sakit tersebut karena pola makan pasien yang berubah usai melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

“Rata-rata pasien yang masuk ke RSUD dr Pirngadi Medan ada yang salah makan pasca menjalani ibadah puasa. Lalu makan makanan yang pedas dan juga minuman yang asam.

Baca juga : Dirut RSUD dr Pirngadi Medan Berjanji Maksimalkan Pelayanan pada Masyarakat

“Saat puasa, perut pasien terbiasa kosong di siang hari. Tapi usai ibadah puasa semua makanan dilahap, sehingga perutnya terkejut,” terangnya.

Adapun, sebagian besar pasien dirawat menggunakan program Universal Health Coverage (UHC) BPJS Kesehatan dan sebagian lagi pasien umum. (anita/hm18)

Related Articles

Latest Articles