13.5 C
New York
Monday, April 15, 2024

Ketiga Tertinggi Kasus Kekerasan Jurnalis di Sumut, KKJ Dibentuk

Medan, MISTAR.ID

Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memasuki peringkat ketiga tertinggi setelah Jakarta menyusul Nusa Tenggara Timur dengan kasus tertinggi kekerasan terhadap Jurnalis di Indonesia.

Berangkat dari persoalan itu, sejumlah elemen jurnalis dari berbagai organisasi dan lembaga sosial kemasyarakatan sepakat membentuk Komite Keselamatan Jurnalis (KKJ) Sumatera Utara (Sumut) di Kota Medan.

Pembentukan KKJ dilakukan setelah rangkaian Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh  Organisasi Pers, Civil Society Organization (CSO) hingga belasan jurnalis turut serta dalam deklarasi tersebut, Sabtu (24/2/24).

Baca juga : Dewan Pers Ungkap Tindak Kekerasan Terhadap Jurnalis Setahun Terakhir Meningkat

Peserta dalam FGD kali ini diantaranya Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Medan, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumut, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumut.

Kemudian Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan, Perhimpunan Bantuan Hukum Hukum dan Advokasi Rakyat Sumatera Utara (BAKUMSU), Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS).

Related Articles

Latest Articles