11.5 C
New York
Tuesday, April 16, 2024

Posko Kesehatan Jelang Mudik Lebaran 2024 Segera Dibentuk

Medan, MISTAR.ID

Dalam rangka kesiapsiagaan sektor kesehatan menghadapi libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 diperlukan upaya promotif, preventif, kuratif untuk melindungi kesehatan masyarakat dalam bentuk pencegahan dan pengendalian berbagai penyakit. Termasuk new emerging disease (penyakit baru) yang berpotensi wabah.

Hal ini disebutkan Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Sumut), dr Nora Nasution menjelang libur Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Dimana imbauan ini tertuang dalam surat edaran dari Kementerian Kesehatan hari ini, Selasa (26/3/24).

“Surat edaran ini berlaku untuk semua kabupaten/kota di Indonesia. Dimana biasanya kita akan berkoordinasi dengan kabupaten/kota di Sumut untuk membuat posko-posko kesehatan pada saat masa mudik Lebaran. Posko itu nantinya akan menangani berbagai pelayanan kesehatan, kalau sebelumnya penanganan Covid-19 (vaksinasi),” kata Nora.

Baca juga : BPJS Kesehatan Tetap Berikan Layanan JKN Selama Libur Lebaran

Merunut tahun-tahun sebelumnya, Posko akan diisi oleh petugas dari Puskesmas, dimana posko-posko yang didirikan ini ada di setiap titik atau lokasi yang telah ditentukan.

“Posko itukan biasanya diisi oleh TNI, Polri,  dan untuk pelayanan kesehatan nya dari Puskesmas. Jadi dititik mana dan dari wilayah mana akan ditentukan oleh kepala puskesmasnya. Pelayanan di posko ini berupa pelayanan kesehatan dasar misalnya ada kecelakaan maka akan dilakukan penanganan awal dan selanjutnya akan diproses rujukan ke rumah sakit. Begitu juga pada pemudik yang sakit,” terangnya.

Related Articles

Latest Articles