18.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Ketiga Tertinggi Kasus Kekerasan Jurnalis di Sumut, KKJ Dibentuk

Berangkat dari masifnya serangan terhadap jurnalis saat melakukan tugas profesi. Misalnya, serangan digital, doxing, fisik, teror dan intimidasi bahkan sampai pelarangan liputan serta penghapusan hasil liputan.

“Itu banyak terjadi di Sumatera Utara. Sehingga, penting ada KKJ sebagai upaya untuk mendampingi jurnalis dan media. Setelah ada strukturnya, semoga penanganan kasus kekerasan terhadap jurnalis di wilayah ini lebih efektif,” ujar Erick.

Baca juga : AJI Ungkap 89 Kasus Serangan Terhadap Jurnalis Selama Tahun 2023

Dalam rangkaian Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Organisasi Pers, Civil Society Organization (CSO) hingga belasan jurnalis turut serta dalam deklarasi tersebut, Sabtu (24/2/24), terpilih lah Array A Argus, Jurnalis Tribun Medan sebagai koordinator dan wakilnya Prayugo utomo, Jurnalis IDN Times.

Koordinator Komite Keselamatan Jurnalis (KKJ) Sumatera Utara, Array A Argus, menyampaikan terbentuknya KKJ bisa menjadi wadah untuk mendampingi dan melindungi jurnalis yang menjadi korban intimidasi atau tindak kekerasan saat menjalankan tugas peliputan. (ril/hm18)

Related Articles

Latest Articles