27.5 C
New York
Sunday, June 16, 2024

Jual Beli Kaset dan Komik Bekas Milik Jhon Fawer untuk Kolektor

Medan, MISTAR.ID

Ketekunannya mengumpulkan arsip-arsip budaya lokal di Sumatera Utara (Sumut) membuat Jhon Fawer Siahaan terinspirasi membuka usaha jual beli kaset dan komik bekas.

Pria penggiat literasi sudah mengoleksi puluhan ribu kaset pita dari era 1970-an hingga 2000-an, belum termasuk komik bekas. Jhon mengaku mulai tertarik mengumpulkan kaset bekas sejak 2 tahun lalu.

“Saya memperoleh kaset pita dari beberapa lokasi, seperti pasar loak, teman-teman, bahkan saling tukar dengan kolektor kaset pita di berbagai daerah,” jelas Jhon saat ditemui mistar.id di Literacy Coffee miliknya, Selasa (11/6/24) siang.

Baca juga : Jhon Fawer Siahaan, Penggiat Literasi Budaya Lokal di Medan

Selain mengoleksi kaset lagu daerah seperti Batak, Karo hingga Melayu, ia juga mengumpulkan kaset pita yang berisi lagu-lagu hit, seperti System of Down, Nirvana serta band-band lain yang populer di era 1970-an hingga 2000-an.

“Secara aset, saya sudah bisa berbangga diri. Saya sudah bisa makan sampai 20 tahun mendatang. Itu kan nilainya sudah mencapai Rp2 miliar dari 40 ribu kaset. Paling murah rata-rata kan [dijual] kali Rp35.000 per kaset,” ujarnya.

Related Articles

Latest Articles