13.2 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Jelang Tahun Ajaran Baru, Lapak Perlengkapan Sekolah di Pasar Sambu Mulai ‘Diserbu’

Medan, MISTAR.ID

Memasuki tahun ajaran baru 2023/2024 pertengahan bulan Juli ini, para orang tua siswa mulai sibuk membeli perlengkapan sekolah untuk anak-anak mereka.

Ini terpantau di lokasi penjualan buku di kawasan Pasar Sambu, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan, pada Sabtu (8/7/23), mulai ramai dikunjungi pembeli.

Seperti dilakukan salah seorang ibu rumah tangga (IRT) bernama Etah, sembari berbelanja kebutuhan dapur, perempuan paruh baya itu mencari buku, bolpoin, pensil dan tempat alat tulis. Ini sebagai persiapan anaknya  yang akan masuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Baca juga: Persiapkan Perlengkapan Sekolah untuk Menyambut Tahun Ajaran Baru, Apa saja ya?

Meskipun lapak-lapak di Pasar Sambu ini sederhana, namun barang kebutuhan anak sekolah yang dijual terbilang lengkap.

Di antaranya,  buku dan peralatan tulis, aneka sampul buku, tepak, kaos kaki, hingga tas sekolah. Semua kebutuhan pelajar tersedia, dengan berbagai pilihan merek dan kualitas.

“Selain itu harganya juga dianggap lebih murah dibanding dengan toko modern. Untuk buku misalnya, harga dipatok antara Rp 22 ribu sampai Rp 55 ribu per pack,” ujar Etah, warga Medan Timur ini.

Baca juga: Dua Gedung Baru SMK Negeri Cabdis Siantar Siap Beroperasi Mulai Tahun Ajaran Baru 

Salah seorang pelajar SMP Pahlawan Kota Medan, Siska mengatakan, dirinya harus melengkapi kebutuhan sekolah seperti buku, pensil atau alat tulis lainnya. Dia menyebutkan, orang tuanya berkenan membantu membelikan kebutuhan sekolahnya menjelang tahun ajaran baru ini.

“Selain buku dan alat tulis, kami para siswa baru juga harus membeli sampul buku tulis dengan beraneka warna. Sampul buku aneka warna itu diwajibkan sekolah, agar murid baru bisa membedakan buku tulis dari berbagai bidang mata pelajaran,” kata Siska.

Pantauan mistar. id, lapak dagangan milik Hendrik Barus di area Pasar Sambu banyak diserbu kaum emak-emak. Mereka datang silih berganti membeli perlengkapan anak sekolah yang dibutuhkan menjelang tahun ajaran baru.

Hendrik mengatakan, menyambut tahun ajaran baru ini tidak seperti tahun sebelumnya. “Tahun ini, semua perlengkapan anak sekolah yang saya jajakan di Pasar Sambu ini lumayan laris manis,” ujarnya sembari menebar senyum. (saferius/hm16)

 

Related Articles

Latest Articles