10.5 C
New York
Sunday, March 3, 2024

H-5 Lebaran, Penumpang Bus Belum Meningkat Signifikan

Medan, MISTAR.ID

Dilonggarkannya peraturan mudik tahun ini tidak serta merta membuat perusahaan transportasi bernafas lega. Buktinya, hingga H-5 jelang lebaran, Rabu (27/4/22), jumlah penumpang belum mengalami peningkatan.

“Biasa aja. Belum terjadi lonjakan penumpang. Paling semakin banyak, karena tahun lalu tidak dibolehkan mudik,” ujar pengawas/mandor bus PT RAPI, S Simarmata.

Simarmata mengatakan, hingga saat ini pihaknya hanya menjual sekitar 250 tiket per hari. Adapun penumpang yang paling banyak yakni yang datang dari sejumlah daerah menuju Medan.

“Kalau dari Medan ke luar (daerah), tidak terlalu banyak,” akunya.

Baca juga:Awas Kerumunan! Dishub Medan Dirikan 15 Posko Pengambilan Tiket Mudik Gratis

Simarmata menjelaskan, jumlah armada yang berangkat dan tiba sampai saat ini juga masih sama seperti hari-hari sebelumnya. Berbeda dari tiga atau empat tahun lalu, PT RAPI sendiri menyiagakan armada tambahan.

“Kalau tahun ini paling setiap harinya 12 armada yang beroperasi,” katanya.

Simarmata mengatakan, untuk musim lebaran kali ini pihaknya menaikkan tarif sebesar 25%. Seluruh armada juga dipastikan dalam kondisi baik, saat menjalani musim mudik tahun ini, karena telah cek berkala.

“Kita juga tekankan kepada kru bus selalu berhati-hati saat berkendara, selalu menjaga penumpang dan pastikan penumpang selamat sampai tujuan,” ucapnya.

Berbeda dengan PT RAPI, Humas PT ALS Alwi Matondang mengaku armada mereka sudah mulai terjadi peningkatan penumpang. Beberapa rute yang mulai dipadati pemudik yakni tujuan kabupaten Mandailing Natal (Madina) dan Sumatera Barat (Sumbar).

Baca juga:269 Personil Siap Amankan Mudik di Asahan

“Terjadi peningkatan sekitar 80 persen dari sebelumnya. Jika sebelumnya, sekali berangkat bus hanya terisi sekitar 10 orang. Namun kali ini hampir penuh diisi pemudik dengan tujuan Mandailing Natal dan Sumatera Barat,” akunya.

Sementara, menurut Alwi untuk tujuan ke pulau Jawa belum ada peningkatan. Satu hari PT ALS memberangkatkan sebanyak 25 unit. Tarif tiket juga naik sekitar Rp 30 hingga Rp 50 ribu. (ial/hm06)

Related Articles

Latest Articles