9.2 C
New York
Saturday, April 20, 2024

Lebaran Aman, Polisi Harus Rutin Patroli di Lokasi Rawan Kejahatan

Medan, MISTAR.ID

Maraknya aksi kriminal seperti begal dan geng motor beberapa hari belakangan membuat masyarakat takut untuk beraktivitas di luar rumah saat malam hari. Tak terkecuali bagi para pemudik yang harus meninggalkan rumahnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi I DPRD Medan Robi Barus SE pun meminta pihak kepolisian bersama instansi terkait dapat memberi kenyamanan pada masyarakat yang nanti merayakan Lebaran Idul Fitri 1443 H di kampung halamannya.

“Sudah 2 tahun masyarakat tidak mudik karena pandemi Covid-19, baru tahun ini diperbolehkan pemerintah. Saya pikir animo masyarakat untuk mudik akan tinggi. Oleh sebab itu, pihak kepolisian harus memberikan kenyamanan, jangan sampai masyarakat was-was untuk mudik,” tegasnya kepada Mistar via telpon, Rabu (27/4/22).

Baca juga:Wali Kota Medan Minta Polisi Data Rumah Warga yang Mudik dan Patroli Rutin

Guna mewujudkan hal tersebut, Robi pun mendorong pihak kepolisian dapat bekerja ekstra dalam hal pengamanan. Seperti melakukan patroli rutin dan pemetaan di lokasi rawan kejahatan.

“Jangan sampai hal-hal yang tidak dinginkan kembali terjadi. Apalagi belakangan banyak aksi geng motor dan begal yang mengakibatkan korbannya meninggal dunia hingga luka berat. Ini harus diatensi,” katanya.

Robi mengungkapkan, dirinya sangat mendukung dan mengapresiasi kebijakan Pemko Medan yang meminta pihak kepolisian untuk melakukan pendataan terhadap rumah warga yang mudik.

“Langkah tersebut saya rasa sangat efektif, jadi pihak kepolisian tahu rumah mana saja yang ditinggal mudik masyarakat. Polisi juga harus rutin melakukan patroli, kalau bisa rumah yang ditinggal mudik menjadi rute wajib,” imbaunya.

Baca juga:Pengamat: Silaturahmi Lebaran Belum Aman, Jika Terpaksa Perketat Prokes

Terkait aksi begal yang kerap terjadi di Medan Utara, Robi menyarankan agar pihak kepolisian berkolaborasi dengan kelurahan serta kecamatan untuk mendirikan posko pengamanan di lokasi yang rawan kejahatan.

“Kita berharap masyarakat yang mudik dapat dengan selamat sampai kampung halamannya untuk merayakan Lebaran Idul Fitri. Begitu juga yang tidak mudik. Semoga Operasi Keselamatan Toba 2022 dapat terwujud dan masyarakat benar-benar selamat dari aksi kejahatan maupun kecelakaan,” pungkasnya. (rahmad/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles