16.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Fenomena Fase Bulan Purnama, Sejumlah Wilayah di Indonesia Diminta Waspada Pasang Air Laut Maksimum

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan potensi terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum di sejumlah daerah di Indonesia.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo mengatakan, hal itu dikarenakan adanya fenomena fase Bulan Purnama pada tanggal 5 Mei 2023.

Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia, diantaranya Pesisir Aceh, Jawa Barat, NTT, Sumatera Utara dan Jawa Tengah.

Baca Juga:BMKG: Waspada! Pasang Naik Air Laut yang Lebih Tinggi Setelah Gerhana Bulan Total

“Termasuk juga Pesisir Kalimantan Barat, Pesisir Sumatera Barat, Pesisir Jawa Timur, Pesisir Kalimantan Tengah, Pesisir Lampung , Pesisir Selatan DIY, Pesisir Sulawesi Utara, Pesisir Banten Yogyakarta, Pesisir Maluku, Pesisir DKI Jakarta, NTB dan Pesisir Maluku Utara,” ujarnya, Kamis (4/5/23).

Dikatakannya, potensi banjir pesisir (rob) ini berbeda waktu (hari dan jam) di tiap wilayah (terlampir). Namun, secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat, aktivitas di permukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut,” pesannya. (ial/hm01)

Related Articles

Latest Articles