19.1 C
New York
Saturday, September 28, 2024

DKPSU Ajang Salurkan Bakat dan Talenta Pelajar Sumut

Medan, MISTAR.ID

Duta Kreatif Pelajar Sumatera Utara (DKPSU) merupakan program yang digagas oleh Miss International Global 2019, Jenny Tabita Dorkas Sipayung sejak tahun 2023 lalu.

Dengan motivasi menyalurkan bakat dan talenta para pelajar SMA/SMK, kegiatan ini kembali diselenggarakan pada tanggal 27-29 Juni 2024 di salah satu hotel di Kota Medan.

Jenny memilih kategori pelajar untuk memperkenalkan universitas yang menjadi pendukung dari kegiatan DKPSU tersebut pada seluruh calon peserta.

Baca juga:20 Pelajar SMA Siantar-Simalungun Ikuti Lomba FLS2N Sumut 2024

Selain dapat menyalurkan bakat, Jenny juga mengatakan, para peserta juga akan memperoleh banyak relasi baik dari instansi pemerintahan maupun non instansi.

Para pelajar tersebut juga akan mendapatkan pembekalan dari sekolah model miliknya, pembelajaran tentang manner, public speaking dan lain sebagainya.

“Untuk kriteria dalam mendaftar ke DKPSU ini sudah pasti harus sehat rohani dan jasmani ya. Kemudian harus punya 3B yaitu brain, behavior and beauty dan jiwa kreatif,” jelasnya.

Keuntungan lain terutama bagi pemenang, dikatakan Jenny, bahwa mereka telah membuat program kerja sendiri selama 1 tahun menjabat.

Baca juga:Yolenta Lestari dan Ferdinandus Aldo Terpilih Duta Kreatif Pelajar Sumut 2023

“Contohnya, mereka akan memberi edukasi ke sekolah-sekolah untuk dapat mengenal lebih lagi tentang DKPSU. Lalu bersosialisasi terhadap masyarakat yang kurang beruntung dalam hal pendidikan,” katanya.

Maria Aurelia Sinaga (16), siswi SMA swasta di Kota Medan menjadi salah satu pendaftar dalam kegiatan DKPSU tahun 2024. Dia mengaku, mendapatkan informasi kegiatan dari media sosial instagram.

Siswi kelas 10 ini merasa termotivasi dan ingin mengembangkan bakat dan kemampuan yang dimilikinya.

“Harapan saya ke depannya bisa lebih maju, memiliki personal branding yang bagus di kalangan pelajar melalui DKPSU. saya juga berharap bisa menjadi winner di ajang duta tersebut, namun apabila saya tidak menjadi winner juga tidak masalah, dikarenakan itu bukan tujuan utama,” ucapnya kepada mistar.id secara tertulis, pada Jumat (21/6/24).

Baca juga:Juara Satu FLS2N Tingkat Provinsi, SMKN Seni dan Budaya Pematang Raya Duta Sumut ke Tingkat Nasional

Maria mengaku pernah mengikuti kegiatan serupa yaitu Duta Pelajar Anti Narkoba Sumut, namun hanya sampai tahap semi final saja. Namun hal itu tak langsung memadamkan semangatnya.

“Saya suka sekali dengan hal-hal seperti ini, seperti public speaking. Tampil di depan yang memang membuat saya menjadi center di antara mereka, dan tentunya akan mendapatkan relasi baru, pengalaman baru dan pengetahuan yang banyak. Di mana dari banyaknya orang yang ditemui, saya memiliki wawasan dan pandangan tentang perbedaan karakter setiap orang. Saya selalu bersemangat jika mengikuti kegiatan seperti itu,” katanya. (susan/hm16)

Related Articles

Latest Articles