5.9 C
New York
Tuesday, March 5, 2024

Juara Satu FLS2N Tingkat Provinsi, SMKN Seni dan Budaya Pematang Raya Duta Sumut ke Tingkat Nasional

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Seni dan Budaya Pematang Raya Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun, keluar sebagai juara satu dalam ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) untuk jenjang SMK 2021 tingkat Provinsi Sumut.

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Seni dan Budaya Raya Riati Purba menyebutkan, pada ajang FLS2N  yang di gelar dari 29 Juli 2021 sampai 1 Agustus 2021, SMKN Seni dan Budaya Pematang Raya merupakan salah satu peserta yang mewakili Kabupaten Simalungun, dan maju ke tingkat provinsi.

“Kami bersyukur pada Tuhan karena berhasil meraih juara satu dalam ajang bergengsi itu di kategori musik tradisional daerah. Selanjutnya, kami terpilih menjadi duta Sumut untuk masuk ke tingkat nasional  yang rencananya akan digelar tanggal 6-7 Agustus 2021 secara daring,” katanya ketika dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (5/8/21).

Baca Juga:Juara 1 Pelajar Cerdas Milenial, Begini Kata Yehezkiel Saragih dan Bulan Simatupang Siswa SMAN 2 Siantar

“Sekarang kami lagi pembekalan dan latihan di Wings Hotel Kualanamu yang diawasi  langsung panitia Provsu dan tetap didampingi guru, karena kondisi sekarang masih dalam suasana pandemi Covid- 19. Sehingga, panitia pusat memutuskan pelaksanaan lomba diadakan secara daring atau online,” terang Riati.

Lebih lanjut, dikatakannya, walau masih tergolong usia muda (6 tahun) tetapi SMKN Seni dan Budaya Raya sudah beberapa kali juara masuk ke tingkat nasional.

Seperti juara Gita Bahana, FLS2N Musik Tradisionil 2016, FLS2N Teater Tradisional, FLS2N Monolog, dan untuk tahun ini juara satu FLS2N Musik Tradisional Daerah 2021.

Baca Juga:Sanggar Sihoda Bangga Tampilkan Tari Simalungun ke Festival Turki

Ia pun antusias terhadap anak didiknya keluar sebagai juara satu FLS2N dalam kategori musik tradisional daerah, maka Riati pun yakin dan siap jadi duta Sumut ke tingkat nasional dan berharap keluar sebagai juara.

“Semua itu tidak terlepas dari bimbingan dan pelatihan dari guru-guru handal pada bidangnya. Di samping itu, dukungan Kacabdis Siantar-Simalungun dalam perkembangan kompetensi keahlian seni musik klasik dan tata busana yang ada di  SMKN Seni dan Budaya Raya ini,” tuturnya.

Dia juga menjelaskan, Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMK Tahun 2021 merupakan ajang talenta bagi peserta didik SMK di seluruh Indonesia, untuk menunjukkan minat dan bakatnya di bidang seni.

Baca Juga:Putri Mexico, Andrea Meza Juarai Ajang Miss Universe 2020

Kegiatan di bidang seni merupakan media pengungkapan hati dan ekspresi beragam rasa, karsa, naluri, dan pikiran yang bermuara pada penumbuhan nilai-nilai estetika manusia.

Proses kreatif dan daya cipta dalam berkesenian mengungkap kesatu paduan inovasi, ungkapan rasa, emosi yang sangat dalam tentang eksistensi dan esensi kehidupan.

“Semoga anak didik kiami dari SMKN Seni dan Budaya Raya yang menjadi duta Simalungun dan Sumatera Utara dapat diperhitungkan di tingkat nasional. Serta, anak didik dari SMKN Seni dan Budaya seluruhnya bisa menjadi motivator, tetap giat belajar dan berkarya. SMK Bisa… SMK Hebat…Sumut Bermartabat,” terang Riati Purba dengan penuh semangat.(yetty/hm10)

 

Related Articles

Latest Articles