13.3 C
New York
Friday, May 10, 2024

Yolenta Lestari dan Ferdinandus Aldo Terpilih Duta Kreatif Pelajar Sumut 2023

Medan, MISTAR.ID

Yolenta Lestari Halawa (SMK Negeri 2 Botomuzoi Nias) dan Ferdinandus Aldo Susilo (SMK Katolik Trisakti Medan) terpilih menjadi yang terbaik dalam grand final pemilihan Duta Kreatif Pelajar tingkat SMA/SMK sederajat di Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023 yang digelar Universitas Darma Agung (UDA) di Hotel Danau Toba, Kota Medan, pada Minggu (18/6/23).

Keduanya terpilih usai tampil maksimal di depan para juri terdiri dari Zahra T Girsang (Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Simalungun), Axelarry Marthin (Multi talent serta finalis X-Faktor dan finalis duta pendidikan), Maike Ritonga (Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Disbudpar Sumut), Ivan Benedict Tambunan (Direktur APP UDA) dan Jenny Tabita Dorkas Sipayung (Miss Internasional Global 2019).

Posisi terbaik kedua disabet Shalwani Algina Bulqist (SMA Hang Tua Belawan) dan Farhan Aditya (SMK Al Washliyah Hamparan Perak), disusul Sophia Paula (Global Prima National Plus School Medan) dan Kalleb Samuel (SMK Jerisa Mandiri).

Baca juga: Juara Satu FLS2N Tingkat Provinsi, SMKN Seni dan Budaya Pematang Raya Duta Sumut ke Tingkat Nasional

Untuk kategori lainnya, Duta Pelajar Best Catwalk diraih Henti Putri Magdalena Simanjuntak (SMK Raksana 2 Medan), Duta Pelajar Best Charming disabet Alini Kristiani Waruwu (SMKN 2 Botomuzoi) dan Duta Pelajar Favorit diraih Resa Jesika Purba (SMKN Budaya Raya Simalungun).

Rektor UDA, Irene Silviani diwakili Wakil Rektor III UDA, Lilis S Gultom mengatakan, pihaknya mendukung penuh terselenggaranya kegiatan itu.

Diharapkan dengan kegiatan ini dapat memotivasi para pelajar untuk dapat meningkatkan minat dan kreasi. Sehingga dapat melahirkan calon-calon pemimpin masa depan untuk mengisi pembangunan di Indonesia , khususnya Sumut yang terdiri atas berbagai etnis, suku, golongan dan agama.

“UDA juga mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang mendukung terselenggaranya event ini. Di antaranya, Ketua Umum  Yayasan Perguruan Darma Agung, Partahi Siregar telah mensupport secara moral maupun material dengan beberapa fasilitas yang dibutuhkan dalam mensukseskan pelaksanaan kegiatan ini,” tegas Irene yang disampaikan Lilis Gultom, Selasa (20/6/23), sembari mengatakan kegiatan ini dapat digelar secara berkelanjutan di tahun-tahun berikutnya.

Baca juga: Pemprov Sumut Jajaki Program Beasiswa Hingga Pertukaran Pelajar Dengan Australia

Irene menyampaikan, pelajar yang lolos dalam pemilihan ini akan diberikan beasiswa  saat melanjut ke UDA. Karena saat ini UDA dalam proses penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ajaran  2023/2024. yang berlangsung Juni-September 2023.

UDA mengasuh 5 Prodi Pascasarjana (S2) dan 8 Fakultas untuk sarjana (S1) dan semua prodi di UDA baik S1 dan S2 sudah terakreditasi dan melaksanakan kampus merdeka.

Universitas yang didirikan almarhum TD Pardede itu aktif melakukan terobosan- terobosan baru dengan manajemen baru di bawah kepemimpinan Partahi Siregar.

Ketua Panitia, Persatuan Putra Zalukhu mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan minat dan bakat para pelajar. Sehingga dapat menciptakan siswa-siswi kreatif dan cerdas, serta turut memajukan generasi bangsa.

Baca juga: Kembangkan Minat dan Bakat Pelajar, SMA Negeri 1 Raya Gelar ‘Pors One’

“Ini juga bisa terselenggara berkat ide dan gagasan dari Miss Internasional Global 2019 Jenny Tabita Dorkas Sipayung, mahasiswa Fakultas Hukum UDA. Ide ini dilanjutkan dalam bentuk kegiatan mahasiswa UDA,” tambahnya.

Gubernur diwakili Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Disbudpar Sumut, Maike Ritonga mengapresiasi terselenggaranya kegiatan dimaksud.

“Tentunya diharapkan ini bisa dapat menjadi agenda rutin, sehingga akan terbentuk para generasi muda yang berbakat,” kata Maike. (sembiring/hm16)

Related Articles

Latest Articles