6.9 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Disnaker Sediakan 243 Lowongan Kerja di Job Fair Medan Labuhan

Medan, MISTAR.ID

Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Medan kembali mengadakan Job Fair di Kantor Camat Medan Labuhan dan diikuti 10 perusahaan yang menyediakan 29 jabatan dengan 243 lowongan kerja.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Medan, Illyan Chandra Simbolon diwakili Kabid Penempatan Tenaga Kerja, Dumaria Gultom, mengatakan kegiatan ini mempertemukan secara langsung para pencari kerja dengan perusahaan yang menyediakan pekerjaan.

Dia merincikan, kuota tenaga kerja lelaki yang dicari dalam job fair ini sebanyak 101, sedangkan perempuan 134. Ada pula perusahaan yang menyediakan tiga lowongan untuk difabel.

“Diharapkan job fair ini mampu mengurangi angka pengangguran,” ungkapnya, pada Rabu (17/1/24).

Baca juga: Bupati Labuhanbatu Buka Kegiatan Job Fair 2023

Ditambahkan Duma, selain job fair, Dinas Ketenagakerjaan juga memiliki aplikasi Siduta yang berfungsi mempertemukan pencari kerja dan perusahaan penyedia pekerjaan.

Dia mengatakan, minat pencari kerja memanfaatkan Job Fair cukup tinggi, termasuk di kawasan Medan Utara.

“Tidak berbeda dengan tahun lalu, tahun ini masyarakat di Medan Utara juga cukup antusias. Para pencari kerja sejak pagi hari sudah hadir untuk bertemu dengan perusahaan,” tambahnya.

Masih kata Duma, tahun ini pihaknya juga mengadakan penyuluhan dan bimbingan secara langsung di lokasi pelaksanaan. Sebelum wawancara dengan pihak perusahaan pencari kerja mendapat pelayanan konseling terlebih dahulu oleh pengantar kerja yang merupakan fungsional Dinas Ketenagakerjaan Medan.

Baca juga: 15 Perusahaan Ikuti Job Fair di SMKN 1 Beringin

“Tujuan konseling untuk menggali potensi, minat, keterampilan pencari kerja yang nantinya disesuaikan dengan kebutuhan, jabatan atau lowongan yang disediakan,” ungkapnya.

Dari data yang diperoleh menunjukkan ada sepuluh perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan melalui job fair ini yaitu RSU Mitra Medika, PT Pharos, RSU Wulan Rindy, PT PNM, PT LOLC Ventura Indonesia, Alfamidi, PT Tri Adi Bersama, PT Intrias Mandiri Sejati, Indomaret, dan PT Panca Buana.

Sementara itu, Camat Medan Labuhan, Khairun Nasyir menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Medan, Bobby Nasution melalui Dinas Ketenagakerjaan karena telah menggelar Job Fair di wilayah kecamatannya.

“Job Fair diselenggarakan untuk seluruh warga yang berminat,” ungkapnya.

Salah seorang pencari kerja, Riski Mutia, mengaku lebih terbantu dengan pelaksanaan kegiatan Job Fair.

Baca juga: 15 Perusahaan Ikuti Job Fair di SMKN 1 Beringin

“Selama ini kan saya cari pekerjaan ke mana-mana itu susah. Dengan adanya kegiatan ini, saya terbantu,” ujarnya.

Selain itu mutia berharap, kegiatan seperti ini terus dilakukan dengan jumlah perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan lebih banyak lagi.

“Waktu pelaksanaan sebaiknya digelar minimal tiga hari atau seminggu. Jadi, lebih banyak pencari kerja yang tertampung,” ungkapnya. (Dinda/hm20)

Related Articles

Latest Articles