22.2 C
New York
Monday, April 29, 2024

Disnaker Diharapkan Fokus untuk Pembekalan Keahlian di Job Fair

Medan, MISTAR.ID

Anggota Komisi II DPRD Kota Medan, T Edriansyah Rendy berharap Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) yang sudah rutin menggelar Job Fair, juga menggelar pembekalan keahlian. Di sisi lain, DPRD Kota Medan mendukung kegiatan Job Fair tersebut karena dinilai mempermudah masyarakat dalam mencari pekerjaan.

“Kita sangat mendukung kegiatan Job Fair di Kota Medan. Kita berharap kegiatan tersebut bisa mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pekerjaan yang sesuai,” ucap Rendy, Jumat (19/1/24).

“Perlu kita pahami jika para pencari kerja juga harus dibekali dengan keahlian-keahlian yang dibutuhkan. Untuk itu, pelatihan-pelatihan yang dimaksud masuk dalam pembekalan yang juga harus ditingkatkan,” katanya.

Rendy mengaku sangat mendukung strategi Disnaker Kota Medan yang di tahun 2023 lalu terus melakukan pelatihan kepada para tenaga kerja, seperti melakukan pelatihan barbershop, pelatihan pastry, pelatihan barista dan lain-lain.

Baca juga: Disnaker Sediakan 243 Lowongan Kerja di Job Fair Medan Labuhan

“Pelatihan seperti inilah yang dapat ditingkatkan dan ditambah lagi. Misalnya pelatihan menjahit, pelatihan menyablon, dan lainnya. Pelatihan dibutuhkan agar masyarakat tidak hanya diberikan lowongan kerja, tapi juga diberikan kemampuan untuk berwirausaha dan membuka lapangan kerja,” ujarnya.

Guna mendukung hal itu, sambung Rendy, Disnaker Kota Medan seharusnya bisa berkolaborasi dengan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan sebagai bentuk pemberian atau peminjaman alat kerja kepada para wirausahawan.

“Jadi, kolaborasi dengan OPD lain dirasa sangat dibutuhkan. Kita berharap hal ini dapat diperkuat untuk ke depannya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Disnaker Kota Medan akan kembali mengadakan bursa kerja atau Job Fair di tahun 2024 ini. Disnaker memastikan menggelar Job Fair sebanyak 11 kali di 2024. Sedangkan lokasi Job Fair akan diadakan di beberapa kecamatan setiap bulannya. (Rahmad/hm20)

Related Articles

Latest Articles