8.9 C
New York
Saturday, May 11, 2024

Stok Beras Bulog Sumut 27.893 Ton, Diklaim Aman untuk Tiga Bulan Kedepan

Medan, MISTAR.ID

Stok beras di Perum Bulog Sumatera Utara (Sumut) ada sebanyak 27.893 ton. Stok beras ini diklaim aman dan mencukupi hingga 3 bulan kedepan. Dimana sebelum lebaran 2024 stok di gudang tercatat ada sekitar 17.000 an ton.

Hal ini disampaikan Pimpinan Wilayah Perum Bulog Kanwil Sumut, Arif Mandu pada Mistar, Senin (29/4/24). Dijelaskannya, tak hanya beras stok gula pasir juga aman hingga 3 bulan kedepan.

“Stok beras aman untuk 3 bulan kedepan begitu juga dengan stok gula pasir kita aman sampai 3 bulan kedepan yang saat ini ada sebanyak 696 ton di gudang,” kata Arif.

Baca juga : Harga Beras Bulog di Atas HET Ditemukan di Pasar Tradisional Medan

Selain beras dan gula pasir ada stok pangan lainnya yang berada di gudang induk seperti minyak goreng yang tercatat ada sebanyak 147,2 liter. Lalu ada daging kerbau 4,08 ton dan tepung terigu 20,9 ton.

Untuk jenis beras sendiri terbagi atas beras milik pemerintah (CBP) dan yang komersil dimana tercatat CBP ada sebanyak 27.629 ton dan beras komersil ada sebanyak 264 ton. Beras CBP sendiri beras yang diimpor dari negara Pakistan, Thailand, Vietnam, Myanmar dan Kamboja.

Baca juga : Awal Tahun 2024, Stok Beras Bulog di Pematangsiantar Aman

“Tercatat juga hingga Januari sampai April kami dari Bulog Sumut sudah menggelontorkan beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) sekitar 34.000-an ton. Sedangkan untuk bantuan pangan tahap I yang dialokasi pada Januari, Februari dan Maret ada sebanyak 28.000 an ton,” terangnya.

Untuk diketahui, program SPHP bertujuan untuk melindungi daya beli dan keterjangkauan harga pangan bagi konsumen. Bulog Sumut sendiri telah menggelontorkan ke masyarakat melalui PD Pasar Medan melalui pasar murah keliling, di toko-toko resmi yang bekerjasama dengan Bulog, pasar murah dan ritel modern. (anita/hm18)

Related Articles

Latest Articles