16 C
New York
Tuesday, May 21, 2024

Presiden Yakin Harga Beras Segera Turun dan Stok Aman di Bulan Ramadhan

Jakarta, MISTAR.ID

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memperkirakan dalam satu bulan ke depan akan memasuki panen raya. Seiring dengan itu, harga beras di pasaran diyakini  turun.

Jokowi pun mengakui bahwa stok beras nasional masih mencukupi terutama untuk menyambut Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2024. Menurut Jokowi, pemerintah sudah mempersiapkan stok kebutuhan.

“Ini mau Lebaran. Beras saya kira stoknya nggak ada masalah dan bahan lainnya akan secara detail saya lihat di lapangan,” terangnya, Senin (4/3/24).

Sebelumnya, Direktur Jenderal Tanaman Pangan dari Kementerian Pertanian (Kementan)Suwandi menyebut, pada Maret-April 2024 diprediksi produksi beras nasional mencapai 8,46 juta ton dari hasil panen raya.

Baca juga: Harga Beras Bulog di Atas HET Ditemukan di Pasar Tradisional Medan

“Sesuai hasil pengamatan Kerangka Sampel Area atau KSA Badan Pusat Statistik, potensi produksi beras nasional dari hasil panen raya yang berlangsung dalam dua bulan yakni Maret-April mencapai 8,46 juta ton,” katanya.

Suwandi mengatakan bahwa pasokan beras dalam negeri hingga Ramadhan 1445 Hijriah dipastikan aman seiring musim panen padi di sejumlah daerah .

“Produksi beras awal tahun 2024 ini mencukupi kebutuhan nasional. BPS telah merilis data perkiraan produksi beras Maret-April sebesar 8,46 juta ton. Total produksi beras ini cukup besar, mampu mencukupi kebutuhan nasional,” tegasnya. (antara/hm17)

Related Articles

Latest Articles