10.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Dishub-Ditlantas Polda Sumut Pastikan Kesiapan Prasarana Jalur Mudik Lebaran 2024

Medan, MISTAR.ID

Dinas Perhubungan (Dishub) Sumatera Utara (Sumut) dan Ditlantas Polda Sumut serta sejumlah instansi terkait telah menggelar rapat koordinasi guna mengantisipasi tantangan dan potensi gangguan lalu lintas saat arus mudik dan balik Lebaran tahun 2024. Rapat ini diadakan di ruang rapat kantor Dishub Sumut, Medan.

Kabid Lalu Lintas Dishub Sumut, Ramli Simamora menekankan pentingnya memastikan kesiapan prasarana jalur mudik untuk kelancaran arus mudik dan balik Lebaran serta kenyamanan masyarakat.

Rapat ini merupakan tindak lanjut dari hasil survei bersama kesiapan prasarana jalan jalur mudik angkutan lebaran, yang melibatkan berbagai pihak seperti Dishub Sumut, Ditlantas Polda Sumut, Jasa Raharja, BBPJN, dan BPTD.

Baca juga : Antisipasi Lalu Lintas Mudik Lebaran 2024, Tim Gabungan Survei Siapkan Rute Alternatif

“Survei dilakukan pada 22-26 Februari lalu. Hasil survei menunjukkan adanya 92 titik potensial masalah, termasuk kecelakaan, kemacetan, dan kerusakan jalan,” ujar Ramli Simamora, Selasa (19/3/24).

Dishub Sumut merinci dari 92 titik potensial kerawanan tersebut tersebar di wilayah kabupaten/kota, terdiri dari 27 titik rawan kecelakaan, 32 titik rawan macet, 6 titik rawan longsor, 2 titik rawan macet dan banjir, serta 25 titik rawan macet dan kecelakaan.

Selain itu, tim juga mengidentifikasi penyebab masalah seperti tujuh titik tidak memiliki fasilitas keselamatan (faskes) berupa rambu jalan, 8 titik kendala hambatan samping, 6 titik jalan longsor, 14 titik jalan longsor dan tidak ada faskes, 32 titik jalan rusak,  20 titik kondisi jalan rusak dan tidak ada faskes, dan 3 titik perlintasan sebidang.

Related Articles

Latest Articles