6.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

BI Sumut Uraikan Tantangan Perekonomian pada 2024

Medan, MISTAR.ID

Perekonomian Sumatera Utara (Sumut) pada tahun 2023 dihadapkan dengan berbagai tantangan, namun tetap berhasil tumbuh dalam rentang 4,3-5,1% (yoy) seiring berlanjutnya pemulihan di tengah tingginya ketidakpastian global.

Oleh karena itu, proyeksi inflasi Sumut pada tahun 2024 diperkirakan tetap terkendali dalam rentang sasaran 2,5%,+- 1%.

Untuk mencapai hal ini, diperlukan sinergi kebijakan pengendalian inflasi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Bank Indonesia, optimalisasi anggaran pengendalian inflasi yang tepat sasaran, serta peran yang lebih penting dari Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) dalam mengatasi inflasi pada tahun 2024.

Hal ini disampaikan Deputi Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumut, Yura A Djalins saat pertemuan tahunan BI 2023 tentang Strategi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional di Medan, Rabu (29/11/23) malam.

Baca juga : BI, Bank Sentral Malaysia dan Thailand Teken Kerja Sama Transaksi Mata Uang Lokal

Bank Indonesia, kata Yura, menyadari adanya tantangan, di tengah optimisme perekonomian Sumatera Utara, baik dari sisi global maupun domestik.

“Yang perlu diwaspadai di tahun 2024 yakni dari sisi global adalah berlanjutnya konflik geopolitik di kawasan Eropa dan Timur Tengah. Kenaikan suku bunga global, Pelemahan ekonomi negara mitra dagang utama serta Risiko cuaca ekstrem akibat anomali iklim,” sebutnya.

Lebih lanjut, ekonomi domestik masih menghadapi sejumlah tantangan struktural, termasuk tantangan inflasi yang muncul dari kenaikan harga produk dan jasa impor (inflasi impor).

Related Articles

Latest Articles