8 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Beri Imbauan PPKM Darurat dengan Pantun Ala Iptu Nanang Kusumo

Medan, MISTAR.ID

Seorang anggota Polantas Direktorat Lalulintas Polda Sumut Iptu Nanang Kusumo memberikan imbauan atau sosialisasi tentang PPKM darurat kepada pengendara dengan cara berpantun.

Menurut Nanang, cara ini digunakannya untuk mengedukasi masyarakat dengan lebih humanis. “Untuk mengedukasi warga masyarakat yang mungkin lupa memakai masker atau tertinggal maskernya dengan cara yang santun dan humanis, agar mereka terketuk hatinya untuk menggunakan masker,” kata Nanang saat dijumpai di Pos Penyekatan PPKM Darurat di Jalan Sudirman Medan, Selasa (13/7/21).

Ia berharap, caranya menggunakan pantun untuk mengingatkan masyarakat itu bisa membekas di hati mereka, kemudian timbul kesadaran dari dalam diri untuk memakai masker atau taat menerapkan protokol kesehatan. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 di Medan yang semakin hari semakin mengkhawatirkan.

Baca juga: Efek PPKM Darurat, Pedagang Pasar Kurangi Stok 

“Kalaulah makan kepiting, jangan pilih yang warna merah. Kalaulah tak ada urusan yang penting-penting, tak usahlah pala keluar rumah,” pesan Nanang kepada pengendara yang kedapatan keluar rumah tak mengenakan masker.

Dia sendiri mengaku kemampuannya berpantun bukan didapat dari hasil belajar. Kemampuan itu datang dengan sendirinya. Karena kemampuannya itu, jasanya sering dipakai sebagai pembawa acara pada berbagai kegiatan yang dihelat Polda Sumut.

“Kalau pantun kita enggak belajar. Terus terang saja kalau pantun itu dari dalam hati, dan itu dari lubuk hati yang paling dalam maka keluar pantun,” ujarnya. “Kalaulah mencari kayu, janganlah lupa membeli kain katun. Kalaulah kita anak Melayu, pastilah banyak bercakap banyak-banyak dia berpantun,” timpal Nanang sambil berpantun. (saut/hm09)

Related Articles

Latest Articles