21.4 C
New York
Friday, May 3, 2024

Masyarakat yang Tidak Berkepentingan Masuk Medan Diarahkan Putar Balik

Medan, MISTAR.ID

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Kota Medan sedang berjalan, dengan didirikannya sejumlah pos penyekatan di sejumlah ruas jalan di Kota Medan, Selasa (13/7/21).

Salah satu pos penyekatan yang sedang beroperasi yakni di Jalan Brigjen Zein Hamid, Kelurahan Kedai Durian, Kecamatan Medan Johor atau perbatasan Medan-Deli Serdang. Kendaraan dari luar yang hendak masuk ke Medan diperiksa satu per satu, baik sopir dan penumpangnya.

Masyarakat dicek suhu badannya, tak lupa diingatkan untuk selalu mengenakan masker. Sejauh ini pelaksanaan berjalan lancar, masyarakat menerima dengan keberadaan petugas di sana.

Baca Juga:Efek PPKM Darurat, Pedagang Pasar Kurangi Stok 

“Penerapan di lapangan terkendali, masyarakat menerima dengan keberadaan kita (petugas). Jadi masyarakat dari luar yang tidak berkepentingan kita larang masuk ke Medan,” ujar Staf Kelurahan Kedai Durian Daud Sembiring ditemui di lokasi.

Daud mengatakan, dalam pelaksanaannya masyarakat diminta untuk selalu menggunakan masker. Kemudian masyarakat yang hendak masuk ke Medan dicek terlebih dahulu suhu badannya. “Sampai hari ini ada beberapa warga dari Deli Serdang yang hendak masuk ke Medan. Kita suruh putar balik karena kebutuhannya tidak mendesak,” katanya.

Sementara petugas Dishub Medan Ranto AS yang ikut dalam proses razia mengatakan, di awal penerapan PPKM Darurat masih banyak masyarakat kurang memahami kesehatan diri sendiri dengan abai memakai masker.

Baca Juga:PPKM Darurat, Sejumlah Mall di Medan Tutup

“Namun kalau hari ini masyarakat sudah mulai memahami betapa pentingnya menggunakan masker. Jadi kita tidak bosan-bosan mengingatkan masyarakat yang hendak melintas untuk selalu menggunakan masker. Kadang ada juga masker yang digantungkan di wajah, itu kita ingatkan untuk dipakai,” ungkapnya.

Di pos penyekatan Jalan Brigjen Zein Hamid sendiri, kata Ranto, buka mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Petugas dibagi menjadi dua shift dalam pelaksanannya. “Kita berharap masyarakat mematuhi prokes agar Covid-19 berakhir dan kita kembali menjalani kehidupan normal seperti biasa. Sejauh ini tidak ada yang ngeyel, semua patuh saat kita perintahkan untuk memakai masker,” pungkasnya.

Pantauan di lapangan, sejumlah petugas terdiri dari Kepolisian, Dishub, petugas kelurahan dan petugas medis disiagakan di lokasi. Selain memeriksa suhu tubuh warga yang hendak melintas, petugas juga membagikan brosur sebagai imbauan betapa pentingnya mematuhi prokes untuk membantu pemerintah menekan penyebaran Covid-19. (ial/hm12)

Related Articles

Latest Articles