19.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Akhir Tahun 2023 Bandara Malintang Sudah Bisa Beroperasi

Medan, MISTAR.ID

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, melakukan kunjungan kerja memantau perkembangan pembangunan Bandara Malintang, di Desa Sidojadi Kecamatan Bukit Malintang, Kabupaten Mandailing Natal, Rabu (30/8/23). Bandara ini diharapkan dapat beroperasi akhir tahun ini.

Saat ini, menurut Edy, proyek pembangunan berjalan dengan baik, baik untuk fasilitas di darat maupun udara. “Untuk darat progresnya telah mencapai 42 persen. Kemudian fasilitas udara mencapai 59 persen,” ungkap Edy di lokasi, Rabu (30/8/2023).

Baca Juga: Pemprov Sumut Dukung Pembangunan Bandara di Madina, Bisa Meningkatkan Ekonomi Rakyat dan Aksesbilitas

Mantan Pangdam I/BB itu menjelaskan, bahwa tahap pertama pembangunan bandara ini dijadwalkan akan selesai pada akhir bulan Desember 2023.

Pembangunan akan dilanjutkan dengan tahap kedua dan ketiga untuk melengkapi semua fasilitas yang dibutuhkan.

“Secara total sudah mencapai 50%, runaway sudah diaspal, tetapi belum rampung. Terminalnya lagi proses, fasilitas lain akan dikejar,” sebutnya.

Menurut Edy, kontraktor proyek menargetkan bahwa tahap pertama pembangunan akan selesai pada Desember 2023 ini.

Baca Juga: Bupati Terima Penghargaan,12 Ribu Pekerja di Deli Serdang Tercover BPJS Ketenagakerjaan

“Jadi udah bisa beroperasi, tetapi tentu fasilitasnya belum lengkap,” imbuhnya.

Gubernur Edy menambahkan, Bandara Malintang ini akan berperan penting dalam meningkatkan mobilitas masyarakat, terutama di Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel).

“[Bandara] ini akan memfasilitasi mobilitas masyarakat kita, apalagi dari sini agak jauh ke bandara [lain]. Terdekat [saat ini] adalah FL Tobing atau Silangit,” tambahnya. (Jonatan/hm22)

Related Articles

Latest Articles