11.8 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

7.000 Kardus Minyakita Sengaja Ditahan Distributor

Medan, MISTAR.ID

Tim Satgas Pangan Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) yang terdiri dari Biro Perekonomian, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral bersama Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara dan Perwakilan KPPU Kanwil I Medan melakukan sidak mendadak terkait kelangkaan Minyakita ke produsen atau distributor minyak goreng di Medan, Senin (13/2/23).

Hasil tersebut menemukan Minyakita sebanyak kurang lebih 75 ton atau sekitar 7.000 kardus di Gudang PT. Yorgo Anugerah Nusantara atau PT. Yargo Jawara Retail di Jalan Brigjen Zainid Hamid Kecamatan Medan Johor Medan, Provinsi Sumatera – Utara.

Dikatakan, Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Sumut Naslindo Sirait dari hasil wawancara yang dilakukan tim diduga Minyakita sengaja ditahan atau tidak diedarkan oleh produsen atau distributor.

Baca juga:Begini Komentar Pedagang di Medan Terkait Beli MinyaKita Pakai KTP

“Awalnya pihak perusahaan Yargo tidak mengakui bahwa meceka ada memproduksi atau mendistribusikan Minyakita. Namun setelah dicek di gudang ternyata didapati adanya Minyakkita dalam gudang mereka,” terang Naslindo Sirait yang juga Sekretaris Tim Satgas Pangan Provinsi Sumatera Utara.

Sambungnya, Minyakkita tersebut ternyata sudah diproduksi sejak November dan Desember 2022, akan tetapi hingga ditemukan tanggal 13 Februari 2023, minyak goreng subsidi tersebut nyatanya belum didistribusikan.

“Temuan ini akhirnya memperkuat adanya kelangkaan Minyakita di pasaran yang membuat Inflasi month to month (m-t-m) pada Januari 2023 di Sumatera Utara salah satunya andil minyak goreng. Atas Temuan ini, sudah dilakukakan pemeriksaan di lapangan dan selanjutnya Tim Satgas Pangan Provinsi Sumatera Utara meryerahkan temuan ini kepada PPNS Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan KKPU Kanwil I Medan untuk menindaklanjuti sesuai dengan ketentuan perundang-undangan,” terangnya.

Adanya temuan ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memghimbau kepada scturuh produsen dan distributor minyak goreng agar menjalankan penugasan yang diberikan pemerintah dan menjalankan perdagangan minyak goreng sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca juga:Di Medan Minyakita Diborong Masyarakat

“Pemerintah akan terus mengawasi peredaran perdagangan minyak goreng. apabila ditemukan ada penyimpangan akan di proses sesusi dengan ketentuan yang berlaku,” tegasnya. (anita/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles