13.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Terlibat Serangan Moskow, Sembilan Orang di Tajikistan Ditahan

Moskow, MISTAR.ID

Media pemerintah Rusia melaporkan badan keamanan Tajikistan menahan sembilan orang yang diduga kontak pelaku serangan ke gedung konser dekat Moskow yang menewaskan 144 orang pekan lalu.

“Sembilan warga distrik Vakhdat ditahan atas kontak dengan orang-orang yang melakukan serangan teroris ke Crocus City Hall pada 22 Maret,” kata kantor berita, RIA Novosti dilansir, Jumat (29/3/24).

RIA Novosti mengutip sumber dari badan khusus Tajikistan yang tidak disebutkan namanya. Kantor berita itu menambahkan, pasukan keamanan Rusia terlibat dalam operasi penangkapan tersebut.

Baca Juga : Rusia Tahan 11 Orang Terkait Serangan di Gedung Konser Moskow

RIA Novosti mengatakan orang-orang yang ditahan juga memiliki koneksi di ISIS. Penangkapan ini dilaporkan saat Moskow kembali mendakwa tersangka lain dalam serangan ke gedung konser tersebut. Lutfulloi Nazrimad akan terus ditahan sampai sidang 22 Mei.

Situs berita independen Rusia, Mediazona melaporkan di pengadilan Nazrimad mengatakan ia lahir di Tajikistan. Nazrimad merupakan tersangka kesembilan yang dibawa ke pengadilan. Aljazirah melaporkan berdasarkan pengacaranya, pria 24 tahun itu didakwa atas pasal konspirasi untuk aksi terorisme dan ia mengaku bersalah pada sejumlah dakwaan.

Sebelumnya, pemerintah Rusia mengatakan mereka menangkap 11 orang di Rusia termasuk empat orang yang menggelar serangan. Empat orang yang itu diidentifikasi sebagai warga Tajikistan dan didakwa pasal terorisme terlihat babak belur saat dibawa ke pengadilan dan salah diantaranya hampir tidak sadar selama persidangan.

Related Articles

Latest Articles