6.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Terdeteksi 36 Pesawat dan 6 Kapal China di Sekitar Taiwan

Taipei, MISTAR.ID

Sebanyak 36 pesawat dan 5 kapal Angkatan Laut China terdeteksi pihak Kementerian Pertahanan Taiwan di sekitar pulau itu, pada Jumat (22/3/24). Angka itu adalah jumlah tertinggi selama tahun 2024.

Dikutip dari AFP, Taipei menyatakan dari 36 pesawat sebanyak 13 di antaranya melintasi garis tengah Selat Taiwan. Garis itu sebagai patokan wilayah China dan Negeri Formosa di perairan sensitif Selat Taiwan yang memisahkan kedua negara.

Kamis (21/3/24) malam waktu setempat, Taipei juga mendeteksi 20 jet tempur, drone dan pesawat angkut di perairan dekat pulau itu.

Baca juga:Senat AS Setujui Paket Bantuan Rp1,5 Kuadriliun ke Ukraina, Israel dan Taiwan

Kemelut terkini itu mencuat usai 2 orang nelayan China tewas saat dikejar militer Taiwan pada akhir Februari 2024 lalu.

Melalui rilis resmi, Negeri Tirai Bambu mengecam Taiwan sebab mengejar para nelayan dan mengakibatkan kapal mereka terbalik di dekat pos pertahanan Taiwan, Quemoy.

Beijing juga menuding coast guard Taiwan memakai metode kekerasan dan berbahaya kala mengusir kapal nelayan. Namun, Taiwan menampiknya.

Baca juga:Bagian dari Beijing, China Sebut Taiwan Bukanlah Sebuah Negara

Pemerintah China sering melakukan aksi yang dinilai mengintimidasi Taiwan untuk mempertahankan pulau tersebut.

Selama ini Taiwan bersikukuh mau memerdekakan diri dari China. Hanya pemerintahan Xi Jinping sempat mengatakan, bakal melakukan segala usaha jika perlu dengan paksa untuk mempertahankan pulau tersebut. (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles