6.9 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Tak Mau Ditangkap, Politikus Sekutu Presiden Brasil Nekat Lempar Granat ke Polisi

Brasilia, MISTAR.ID

Seorang politikus Brasil, Roberto Jefferson, nekat melemparkan granat ke arah polisi yang hendak menangkapnya dalam kasus menghina seorang hakim setempat. Jefferson akhirnya menyerahkan diri pada Minggu (23/10/22) malam waktu setempat, setelah lemparan granat itu melukai dua polisi.

Seperti dilansir Reuters, Senin (24/10/22), Jefferson merupakan mantan anggota parlemen dan Presiden Partai Politik PTB. Ia juga diketahui sebagai sekutu Presiden Jair Bolsonaro. Perintah penangkapan Jefferson diterbitkan oleh Mahkamah Agung Brasil, tepatnya oleh hakim agung Alexandre de Moraes.

Moraes memerintahkan Jefferson untuk dijebloskan ke penjara setelah dia merilis rekaman yang isinya menyinggung hakim Brasil lainnya bernama Carmen Lucia, karena keputusan yang dijatuhkannya terkait pemilihan presiden (pilpres).

Baca juga:Gawat! Polisi Brazil Temukan 1 Ton Kokain di Truk Pembawa Kotoran Kucing

Dalam putusan, Moraes menyatakan Jefferson tidak mematuhi persyaratan untuk tahanan rumah yang menjeratnya.

Sedikitnya dua polisi mengalami luka-luka terkena serpihan granat yang dilemparkan oleh Jefferson. Kedua polisi ini sempat menjalani perawatan medis di rumah sakit setempat, sebelum diperbolehkan pulang.

Dalam sebuah video yang diposting ke media sosial pada Minggu (23/10/22) pagi, Jefferson menunjukkan foto sejumlah polisi federal tiba di rumahnya. Dalam video lainnya, dia mengakui melempar granat ke mobil polisi, bukan ke arah polisi.

Baca juga:Brasil Menuju Pemilihan Presiden, Semua Mata Tertuju pada Militer

Bolsonaro berusaha menjauhkan diri dari sekutunya itu dalam pernyataan video via media sosial usai Jefferson ditangkap. Ditegaskan Bolsonaro bahwa seseorang yang menyerang polisi harus diperlakukan seperti penjahat. (detik/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles