17.5 C
New York
Sunday, October 13, 2024

Taiwan Kondisi Waspada Pasca Mendeteksi Kapal Induk China

Taipei, MISTAR.ID

Kondisi Taiwan saat ini dalam ‘waspada’ pasca mendeteksi kapal induk China di pesisir selatannya, pada Minggu (13/10/24).

Ini sesuai laporan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) pulau yang mempunyai pemerintahan sendiri itu.

“Kelompok kapal induk Liaoning China sudah memasuki perairan dekat Selat Bashi, dan kemungkinan bakal meneruskan perjalanan ke Samudra  Pasifik barat,” sebut kementerian itu, dirangkum dari France 24.

Baca juga:Hasil Survei Mayoritas Warga Bersedia Bela Taiwan Jika Diserang China

Pihak Kemenhan Taiwan menuturkan pasukannya tetap waspada dan untuk merespons seperlunya.

Negeri Tirai Bambu telah meningkatkan aktivitas militer di sekitar Taiwan kurun beberapa tahun terakhir, mengirimkan jet tempur, pesawat militer lainnya, dan beberapa kapal.

Terdeteksinya kehadiran kapal induk Liaoning terjadi pasca Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mewarning Tiongkok pada Jumat (11/10/24) lalu, supaya tak mengambil aksi provokatif apa pun bagi Taiwan, menyusul pidato Presiden Taiwan Lai Ching-te di peringatan Hari Nasional pulau itu sehari sebelumnya.

Baca juga:66 Pesawat Militer China Dikirim Kelilingi Taiwan

Lai yang dinyatakan China merupakan seorang ‘separatis’, pada Kamis (10/10/24) lalu berjanji untuk menolak aneksasi Taiwan, dan menegaskan jika Tiongkok dan Taipei tidak tunduk satu sama lain.

China melayangkan peringatan usai pidato Lai, dengan mengatakan jika provokasi sang presiden bakal menyebabkan ‘bencana’ terhadap penduduk Taiwan. (mtrtv/hm16)

Related Articles

Latest Articles