17 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Singapura Mau Bahas Peta Baru China di KTT ASEAN ke-43

Singapura, MISTAR.ID

Singapura melalui Menteri Luar Negeri Vivian Balakrishnan dipastikan hadir dalam kegiatan KTT ASEAN ke-43 yang akan diselenggarakan mulai Selasa-Kamis (5-7/9/23) di Jakarta. Kehadiran Singapura khususnya untuk membahas peta baru China.

Kemudian, pihak Singapura juga akan membahas keberlanjutan dan sentralitas blok dalam arsitektur regional yang berkembang di Myanmar.

“Mereka akan bertukar pandangan tentang perkembangan regional dan internasional, termasuk situasi di Myanmar. Perwakilan negara juga akan membahas penguatan integrasi ASEAN dan perluasan kerja sama dalam bidang ekonomi digital,” kata perwakilan dari Kantor Perdana Menteri Singapura (PMO), Senin (4/9/23).

Masih menurut PMO, para delegasi KTT ASEAN juga akan bertemu dengan berbagai mitra eksternal yang turut hadir, termasuk Australia, Kanada, China, India, Jepang, Republik Korea, dan Amerika Serikat.

Baca juga: Singapura Gelar Pilpres Hari Ini

China akan diwakilkan oleh Perdana Menteri Li Qiang. Sedangkan Amerika Serikat akan diwakili oleh Wakil Presiden Kamala Harris. Presiden AS Joe Biden tidak dapat hadir di kegiatan KTT ini. Namun, ia diperkirakan akan menghadiri G20 di India, pada 7-10 September 2023.

Seperti diketahui, peta baru China menampilkan dash ke-10 tambahan di sebelah timur Taiwan. Dimana, peta mengklaim hampir seluruh Laut China Selatan dan beberapa wilayah daratan di India dan Rusia.

Related Articles

Latest Articles