10.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Rusia Ganti Panglima Angkatan Laut

Moskow, MISTAR.ID

Pemerintah Rusia mengganti panglima Angkatan Laut mereka, Rabu (20/3/24). Dimana, panglima sebelumnya dipecat karena kehilangan kapal perang di Laut Hitam akibat serangan Ukraina. Mantan komandan Armada Utara Rusia, Alexander Moiseyev, ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Pjs) panglima Angkatan Laut, menggantikan Laksamana Nikolai Yevmenov.

“Moiseyev diperkenalkan sebagai Pjs panglima Angkatan Laut Rusia pada sebuah seremoni,” tulis media setempat, Selasa (20/3/24).

Kremlin sebelumnya menolak memberikan komentar penunjukan Moiseyev. Sebab, pergantian panglima Angkatan Laut menandai perombakan besar dalam jajaran petinggi militer Rusia dalam beberapa bulan terakhir.

Baca juga: Kemenlu Austria Usir Dua Diplomat Rusia

Pasukan Ukraina telah mengklaim menghancurkan lebih dari dua puluh kapal Rusia sejak dimulainya konflik pada Februari 2022, termasuk sebuah kapal patroli militer awal bulan ini.

Kekalahan ini menjadi hal yang memalukan bagi Moskow, yang terpaksa memindahkan kapal-kapalnya dari pangkalan angkatan laut bersejarah Sevastopol di Krimea ke pelabuhan Novorossiysk, lebih jauh ke timur.

Keberhasilan Rusia di Laut Hitam sangat berbeda dengan kemajuan serangan darat mereka di Ukraina timur. Di mana pasukan mereka telah membuat kemajuan dalam beberapa bulan terakhir setelah lebih dari setahun menjalankan perang. (detik/hm20)

Related Articles

Latest Articles