13.6 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Presiden Zelensky: Rusia Hancurkan Semua Infrastruktur Penting di Kherson

Kyiv, MISTAR.ID

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Rusia menghancurkan semua infrastruktur penting di wilayah Kherson. Wilayah ini berhasil direbut kembali oleh tentara Ukraina sejak seminggu terakhir.

“Sebelum musim dingin, penjajah Rusia benar-benar menghancurkan semua infrastruktur penting,” kata Zelensky dalam pidato hariannya setelah mengunjungi Kherson yang telah dibebaskan dari Rusia.

“Benar-benar semua fasilitas penting di kota dan wilayah itu ditambang,” katanya.

Baca Juga:Presiden Zelenskyy: Ukraina Digempur ‘Penjajah’

Zelensky mengatakan tidak ada listrik hingga internet di Kherson. Dia menyebut Rusia telah menghancurkan semuanya dengan sengaja.

“Tidak ada listrik, tidak ada komunikasi, tidak ada internet, tidak ada televisi. Penjajah menghancurkan semuanya sendiri, dengan sengaja. Inilah yang dimaksud dengan bendera Rusia, kehancuran total,” ujar Zelensky, seraya menjanjikan kembalinya kehidupan normal.

Perusahaan energi nasional Ukraina Ukrenergo mengatakan Rusia telah menghancurkan infrastruktur energi utama yang memasok seluruh tepi kanan wilayah Kherson dan sebagian besar wilayah Mykolaiv.

Baca Juga:Presiden Zelensky Alami Kecelakaan Lalulintas

“Sebagian besar wilayah Kherson yang dibebaskan telah tanpa listrik sejak 6 November. Kami melakukan yang terbaik untuk memasok listrik kepada orang-orang sesegera mungkin,” kata Kepala Ukrenergo, Volodymyr Kudrytskyi.

Perebutan kembali kota selatan Kherson, satu-satunya ibu kota regional yang dikuasai pasukan Moskow, merupakan pukulan besar bagi serangan Putin. Dalam kunjungan ke Kherson pada hari Senin itu, Zelensky mengatakan pembebasan kota itu adalah ‘awal dari akhir perang’. (detik/hm14)

Related Articles

Latest Articles