17.7 C
New York
Friday, May 17, 2024

Banjir Brazil Sebabkan 10 Tewas dan 21 Orang Hilang

Brasilia, MISTAR.ID

Banjir di beberapa Kota Brazil menyebabkan sedikitnya 10 orang tewas, 21 orang hilang dan 1.500 mengungsi, Rabu (1/4/24). Dari 10 orang yang meninggal, diketahui dua orang tewas ketika mobil yang ditumpangi terseret banjir di kota kecil Paverama. Satu orang lainnya karena tertimpa longsor di Salvador do Sul.

Gubernur Eduardo Leite meminta pemerintah pusat mengirimkan bantuan secepat mungkin karena beberapa wilayah tidak dapat dijangkau dengan kendaraan darat.

“Presiden Lula, tolong segera kirimkan sebanyak mungkin bantuan udara untuk Rio Grande do Sul. Kami perlu menyelamatkan ratusan orang di beberapa kota. Hujan deras diprediksi akan terus turun beberapa hari ke depan,” kata Leite dalam cuitannya di akun X.

“Kami terus bekerja keras untuk menemukan orang yang masih hilang dan memastikan keselamatan masyarakat di daerah yang berisiko,” tambah Leite.

Baca juga: Niat Menengahi Konflik, Presiden Brazil Tolak Undangan Putin

Menanggapi masalah ini, Presiden Luiz Inácio Lula da Silva memastikan pemerintah federal akan bergabung untuk mengirimkan semua bantuan yang ada.

“Pemerintah akan segera mengirimkan bantuan,” kata Lula.

Sedangkan Wali Kota Sinimbu mengatakan jika mereka sedang mengalami ‘mimpi buruk’. Sebab, di wilayahnya, banjir sudah merendam rumah penduduk.

“Masyarakat harus naik ke atap rumah karena rumah mereka terendam air,” kata Wali Kota Sinimbu.

Sedangkan fasilitas lainnya, seperti jembatan disebutkan telah roboh dan lebih dari 20 jalan tidak bisa dilalui. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles