27.4 C
New York
Friday, May 3, 2024

Pemerintah Irak Usir Duta Besar Swedia Buntut Rencana Pembakaran Al Quran

Baghdad, MISTAR.ID

Pemerintah Irak mengusir duta besar Swedia sebagai protes terhadap rencana pembakaran Alquran di Stockholm. Tindakan kontroversial tersebut, yang disetujui oleh polisi Swedia, memicu protes besar-besaran di Baghdad, dengan pengunjuk rasa menyerang dan membakar kedutaan Swedia.

Pemerintah Irak juga mengatakan dalam pengumuman pada Kamis (20/7/23) waktu setempat, Reuters melaporkan pada Jumat (21/7/23) bahwa Baghdad menarik kembali perwakilannya di Swedia.

Selain itu, kantor berita negara Irak melaporkan bahwa otoritas Baghdad membatalkan izin perusahaan Swedia Ericsson untuk bekerja di wilayah Irak.

Baca juga: Salwan Momika Kembali Berulah dengan Menginjak Al Quran di Swedia

Langkah kontroversial itu direncanakan oleh pengunjuk rasa anti-Islam, termasuk pengungsi Irak, yang telah melakukan aksi serupa di depan masjid Stockholm Juni lalu dan yang memperoleh izin dari polisi Swedia untuk membakar Al Quran di luar kedutaan Irak di Stockholm.

Dalam aksi Kamis (20/7/23) waktu setempat, pengunjuk rasa anti-Muslim menendang dan menghancurkan bagian dari Al Quran tetapi kemudian meninggalkan lokasi setalah protes satu jam tanpa membakar kitab suci umat Islam.

Menteri Luar Negeri Swedia Tobias Billstrom mengatakan staf di kedutaan Swedia di Baghdad aman setelah serangan terhadap pengunjuk rasa. Dia menuduh pemerintah Irak gagal melindungi gedung-gedung diplomatik asing.

Baca juga: Kantor Kedutaan Swedia di Irak Dibakar Demonstran yang Kecam Rencana Pembakaran Alquran

Sayyed Hassan Nasrallah, pemimpin kelompok bersenjata Hizbullah Lebanon yang berpengaruh. Meminta negara-negara Arab dan Muslim untuk mengikuti contoh Irak dan mengusir duta besar Swedia dan menarik utusan diplomatiknya dari Stockholm.

Pada saat yang sama, pemerintah Irak mengutuk serbuan yang menghancurkan kedutaan Swedia di Baghdad. Kantor Perdana Menteri Mohammed Shia Al-Sudan menggambarkan serangan itu sebagai pelanggaran keamanan dan berjanji untuk melindungi misi diplomatik asing.

Namun para pejabat Baghdad juga mengatakan kepada pemerintah Swedia bahwa mengulangi pembakaran Alquran di tanah Swedia akan membutuhkan pemutusan hubungan diplomatik.

Baca juga: Salwan Momika Berencana Kembali Bakar Al Quran di Swedia  

Keputusan untuk menarik utusan diplomatik Irak dari Swedia diambil pada awal demonstrasi Stockholm. Namun sebelum para demonstran Islamofobia meninggalkan lokasi demonstrasi tanpa membakar Al Quran. (Mtr/hm21).

Related Articles

Latest Articles