24.5 C
New York
Friday, May 3, 2024

Menteri Inggris Akan Bertemu Presiden Taiwan Bahas Perdagangan

Taipei, MISTAR.ID

Seorang menteri Inggris akan mengunjungi Taiwan minggu ini untuk pembicaraan perdagangan dan bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen, kata kantor Departemen Perdagangan Internasional Inggris, Senin (7/11/22).

Pertemuan ini merupakan keterlibatan tingkat tinggi terbaru antara pemerintah Barat dan pulau yang diklaim China sebagai wilayah miliknya.

Departemen Perdagangan Internasional Inggris mengatakan Greg Hands, Menteri Negara untuk Perdagangan dan juga anggota parlemen, akan bertemu Tsai dan menjadi tuan rumah bersama pembicaraan perdagangan Inggris-Taiwan tahunan ke-25 selama kunjungan dua harinya.

Baca Juga:Rishi Sunak PM Inggris Pertama Keturunan India, Crazy Rich yang Dijagokan Partai Konservatif

“Mengunjungi Taiwan secara langsung adalah sinyal yang jelas dari komitmen Inggris untuk meningkatkan hubungan perdagangan Inggris-Taiwan. Seperti Inggris, Taiwan adalah juara perdagangan bebas dan adil yang didukung oleh sistem perdagangan global berbasis aturan,” kata kantornya dalam sebuah penyataan.

Hands juga akan bertemu dengan negosiator perdagangan utama Taiwan John Deng dan Menteri Ekonomi Wang Mei-hua.

Taiwan memandang Inggris sebagai mitra demokrasi yang berpikiran sama dan telah berbesar hati oleh kekhawatiran London atas latihan perang China baru-baru ini di dekat pulau itu dan mendukung partisipasinya dalam organisasi internasional, yang sebagian besar Taiwan dikunci karena keberatan China.

Baca Juga:China Bersedia Lakukan Penyatuan Kembali dengan Taiwan

Inggris, seperti Taiwan, juga mengajukan penawaran untuk bergabung dengan Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik (Comprehensive and Progressive Agreement for Trans-Pacific Partnership).

Anggota setuju pada bulan Februari bahwa Inggris dapat melanjutkan penerapannya karena CPTPP mencari hubungan perdagangan baru setelah meninggalkan Uni Eropa. China juga telah mendaftar untuk bergabung.

Inggris tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan tetapi keduanya memiliki hubungan ekonomi dan informal yang dekat dan Inggris memiliki kedutaan de facto di Taipei.

Baca Juga:Menlu AS: China Tolak Status Quo Taiwan

Anggota parlemen Barat dan pejabat lainnya telah meningkatkan kunjungan mereka ke Taiwan, meskipun ada keberatan kuat dari Beijing, yang memandang pulau itu sebagai wilayahnya sendiri dan menentang apa pun yang menyiratkan bahwa itu adalah negara yang terpisah.

China menggelar latihan perang di dekat Taiwan pada bulan Agustus setelah kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taipei. (channelnewsasia/hm14)

Related Articles

Latest Articles